Panglima TNI Keluhkan Sulitnya Atasi Asap

Minggu, 27 September 2015 – 10:07 WIB
Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo. Foto: Dokumen JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo mengakui, tidak mudah memadamkan titik api yang menimbulkan asap di beberapa wilayah. Terutama di lahan gambut.

"Di lahan gambut itu dalamnya bisa 8 meter karena di atasnya padam, di dalamnya kering, baranya masih di bawah. Jadi begitu dipadamkan apinya ada asap yang muncul," ujar Gatot di Silang Monas, Jakarta Pusat (27/9).

BACA JUGA: Sulit Atasi Karhutla, Jika Cara Seperti Ini yang Dilakukan Pemerintah dan Polri

Menurutnya, 2.659 personel yang dikerahkan pun tidak menjadi jaminan bisa memudahkan pemadaman di lahan gambut. Jumlah itu dikerahkan di Riau, Jambi, Sulsel, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan.

Sejauh ini TNI juga sudah mengupayakan rekayasa hujan. Tapi upaya tersebut, kata dia, tidak akan berhasil apabila tak dibantu oleh cuaca yang bersahabat.

BACA JUGA: Curhatan Jamaah di Jalur Maut: Dari Belakang Muncul Orang Afrika, dari Depan Orang Arab

"Rekayasa hujan ini tidak bisa terjadi kalau tak ada awan. Kalau tidak ada awan tidak mungkin kami rekayasa," imbuh Gatot.

Meski cukup sulit, Gatot memastikan, akan terus membantu Kemenhut memadamkan api yang sudah memberi dampak hingga ke negara tetangga tersebut.(flo/jpnn)

BACA JUGA: Persiapan Defile dan Parade TNI AU Sudah Mantap, Ini Buktinya

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ini Pendapat Pakar Soal Amdal RTB


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler