Partai Berkarya Target 78 Kursi di DPR, Penak Zamanku To?

Minggu, 18 Februari 2018 – 09:04 WIB
Tommy Soeharto. Foto: dok.Jawapos.com

jpnn.com, JAKARTA - KPU resmi menetapkan 14 parpol memenuhi syarat (MS) menjadi peserta pemilu 2019, Sabtu (17/2).

Jumlah parpol peserta Pemilu 2019 itu lebih banyak daripada jumlah parpol peserta Pemilu 2014 yang diikuti 12 parpol.

BACA JUGA: Tommy Soeharto Ingin Ambil Nomor Urut Partai Berkarya

Empat belas partai dimaksud yaitu, PKS, PAN, Partai Berkarya, PDIP, Partai Demokrat, Partai Gerindra, Partai Garuda, Partai Golkar, Partai Hanura, PKB, Partai Nasdem, PPP, PSI, dan Perindo.

Sedangkan PBB dan PKPI dinyatakan tidak memenuhi syarat dalam verifikasi secara nasional.

BACA JUGA: Selangkah Lagi PSI Resmi Jadi Peserta Pemilu 2019

Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Garuda, dan Partai Berkarya merupakan wajah baru yang akan meramaikan kontestasi politik tahun depan.

Setelah dinyatakan lolos menjadi peserta Pemilu 2019, empat parpol baru itu menyatakan sudah mengatur strategi dan menetapkan target politik. Salah satunya bisa lolos ke Senayan.

BACA JUGA: Verifikasi Faktual Parpol Calon Peserta Pemilu 2019 Dimulai

Sekjen DPP Partai Garuda Abdullah Mansyuri mengatakan, lolosnya Partai Garuda menjadi peserta pemilu tidak lepas dari kerja keras pengurus DPC dan DPD di seluruh Indonesia yang berusaha memenuhi syarat dalam verifikasi faktual parpol. ”Ini bukan persoalan yang mudah, tapi kami bisa lewati,” ucapnya gembira.

Saat ini Partai Garuda diketuai Ahmad Ridha Sabana. Selain seorang politikus, dia adalah presiden direktur PT Cipta Televisi Pendidikan Indonesia (TPI).

Ridha merupakan adik Ahmad Riza Patria, ketua DPP Partai Gerindra. Namun, Mansyuri enggan menyinggung jabatan bosnya di stasiun swasta tersebut.

Partai Berkarya juga sudah mengatur strategi dan mematok target. Sekjen Partai Berkarya Badaruddin Andi Picunang mengatakan, pihaknya ingin menjadi partai besar yang punya wakil di setiap daerah pemilihan (dapil).

Jadi, kata dia, partai yang didirikan Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto tersebut menargetkan 78 kursi di DPR. ”Itu sama dengan 13,75 persen suara nasional,” ujarnya.

Keyakinan itu diperoleh dengan memanfaatkan romantisme masyarakat pada figur mantan Presiden Soeharto yang pernah memimpin Indonesia selama 32 tahun.

”Fokus utama kami memanfaatkan kecintaan masyarakat pada Soeharto. Apalagi, Soeharto merupakan ayah dari pendiri Partai Berkarya,” kata Badaruddin.

Sekjen DPP Perindo Ahmad Rofiq menyatakan, penetapan peserta pemilu merupakan langkah awal untuk berjuang meraih kesuksesan pada tahun depan.

”Memenangkan pertarungan politik di 2019 bagi Partai Perindo adalah sebuah keharusan,” tegasnya. Pihaknya akan bekerja keras lebih maksimal

Politikus asal Lamongan itu menambahkan, partainya sudah berjuang selama 3,5 tahun. Hary Tanoesoedibjo merupakan pendiri sekaligus ketua umum partainya. Sebelumnya, pemilik MNC Group tersebut adalah politikus Partai Nasdem.

Menurut Rofiq, Perindo merupakan bagian dari harapan rakyat. Banyak program yang sudah dilaksanakan untuk kepentingan rakyat. ”Kami ingin dipercaya pada 2019,” ucapnya.

PSI tidak mau kalah. Ketua DPP PSI Isyana Bagoes Oka mengatakan, partainya mematok target tinggi. ”Kami pasang target 20 persen,” terangnya.

Target 20 persen itu ditetapkan agar partainya bisa mengusung calon presiden sendiri pada pemilu berikutnya.

Sebab, kata dia, hanya partai yang punya presidential threshold 20 persen yang bisa mengusung calon presiden sendiri. ”Kalau sekarang kami 100 persen di belakang Pak Jokowi,” urainya.

PSI yakin dengan program penyeleksian calon anggota legislatif. Program seleksi ketat dengan juri independen itu diyakini menghasilkan caleg yang kompeten.

Tokoh-tokoh caleg dari kalangan muda dan bersih diharapkan menjadi figur untuk mendulang suara.

Selain itu, keterwakilan pengurus perempuan hingga 66,6 persen termasuk Ketua Umum Grace Natalie Louisa diharapkan meraih perhatian pemilih perempuan. (lum/jun/c10/kim)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tahap Awal Proses Pemilu 2019 Lumayan Menyenangkan


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler