Tommy Soeharto Ingin Ambil Nomor Urut Partai Berkarya

Minggu, 18 Februari 2018 – 08:40 WIB
Tommy Soeharto. Foto: dok.Jawapos.com

jpnn.com, JAKARTA - KPU akan menggelar pengundian dan penetapan nomor urut partai peserta pemilu 2019, hari ini. Dari 14 parpol yang dinyatakan sebagai peserta, ada yang berharap nomor cantik.

Namun, sebagian lain pasrah dengan nomor yang akan diundi. Sebab, mereka akan lebih berfokus meraih suara rakyat dan lolos ke Senayan.

BACA JUGA: Selangkah Lagi PSI Resmi Jadi Peserta Pemilu 2019

Pengundian akan dilaksanakan di ruang sidang utama kantor KPU. Rencananya, acara itu dimulai sekitar pukul 19.00 WIB.

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan, semua partai diminta untuk hadir dalam pengundian nomor urut. Menurut dia, nomor urut tersebut sangat penting karena akan digunakan dalam pemilu tahun depan.

BACA JUGA: Verifikasi Faktual Parpol Calon Peserta Pemilu 2019 Dimulai

Mantan ketua KPU Provinsi Jatim itu menerangkan, pengundian akan dilaksanakan dalam dua tahap. Pertama, partai akan diminta mengambil nomor antrean untuk pengambilan nomor urut.

”Setelah mendapatkan nomor antrean, pada tahap berikutnya setiap partai akan mengambil nomor urut peserta pemilu,” terang Arief.

BACA JUGA: Tahap Awal Proses Pemilu 2019 Lumayan Menyenangkan

Menurut dia, sesuai dengan jadwal yang ditetapkan, 19 Februari hingga 17 April adalah waktu untuk menyelesaikan proses sengketa.

Lalu, Maret mendatang pencalonan anggota DPR, DPRD provinsi dan kabupaten/kota, serta DPD dimulai.

Sementara itu, parpol peserta pemilu sudah tidak sabar untuk mengambil undian nomor urut.

Sekjen Partai Berkarya Badaruddin Andi Picunang mengatakan, partainya siap hadir dalam pengundian nomor urut.

Dia berharap mendapatkan nomor cantik. Namun, dia tidak menyebutkan nomor apa yang diinginkan.

Badaruddin menerangkan, Ketua Dewan Pembina Partai Berkarya Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto yang akan mengambil nomor undian.

Menurut dia, Tommy sangat senang begitu mengetahui Partai Berkarya lolos sebagai peserta pemilu dan ingin datang untuk mengambil nomor urut.

Partai Demokrat juga bersemangat untuk datang dalam pengundian nomor urut. Sekjen DPP Partai Demokrat Hinca Panjaitan mengatakan, dirinya dan para pengurus akan meramaikan suasana pengundian itu. Dia berharap mendapatkan nomor cantik pada pemilu kali ini.

Hinca secara terang-terangan menginginkan nomor 9. ”Karena nomor 9 itu manis,” ucap dia saat ditemui seusai penetapan partai peserta pemilu. Menurut anggota DPR itu, Partai Demokrat lahir di angka 9. ”Angka itu dekat sama Partai Demokrat,” ucap dia.

PSI juga siap mengikuti tahapan selanjutnya setelah penetapan peserta pemilu. Ketua DPP PSI Isyana Bagoes Oka mengatakan, pihaknya akan menerima nomor berapa pun yang diundi nanti.

”Yang paling penting selain nomor urut adalah bagaimana mempersiapkan struktur dan jaringan partai,” ujar mantan jurnalis TV tersebut. (lum/c11/kim)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hari Ini Bawaslu Putuskan Nasib 10 Parpol


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler