Pastikan Kesiapan Raja Ampat jadi Lokasi Sail Indonesia 2014

Jumat, 18 Oktober 2013 – 19:19 WIB
Menko Kesra Agung Laksono (paling kiri) bersama Menteri PDT Helmy Faishal (tengah) dan Wakil Ketua Komisi V DPR, Michael Wattimena saat meninjau kesiapan Kabupaten Raja Ampat di Papua Barat sebagai lokasi Sail Indonesia 2104, Jumat (18/10). Foto: dokumentasi pribadi for JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Kawasan Raja Ampat pada Juni tahun depan akan menjadi lokasi penyelenggaraan Sail Indonesia. Even berskala internasional itu diharapkan akan semakin menjulangkan kawasan kepulauan indah di Provinsi Papua Barat tersebut sekaligus membawa imbas positif bagi masyarakat setempat.

Hari ini (18/10), Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Agung Laksono bersama Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) Helmy Faishal, Wakil Menteri Pekerjaan Umum (PU) Hermanto Dardak, Gubernur Papua Barat Abraham Atururi dan Wakil Ketua Komisi V DPR, Michael Wattimena, meninjau persiapan Indonesia Sail 2014 di Raja Ampat. Mereka bermaksud memastikan kesiapan Raja Ampat sebagai tuan rumah Indonesia Sail 2014.

BACA JUGA: Ruhut Tuding Pengusul Densus Antikorupsi Musuh KPK

Menurut Michael, Raja Ampat layak menjadi lokasi ajang Sail Indonesia 2014 karena memang memiliki alam yang sangat indah dan kaya dengan berbagai species hewan laut. "Ini membuat Raja Ampat menjadi surga para penyelam,” papar Michael melalui layanan BlackBerry Messenger (BBM) dari Raja Ampat, Jumat (18/19).

Lebih lanjut anggota Fraksi PD DPR dari daerah pemilihan Papua Barat itu mengapresiasi keputusan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menunjuk Raja Ampat sebagai lokasi Sail Indonesia 2014. Sebelumnya, Sail Indonesia digelar sejak 2009 dengan nama dan lokasi berbeda. Misalnya Sail Bunaken pada 2009, Sail Wakatobi pada 2010, Sail Banda pada 2011, Sail Morotai pada 2012 dan Sail Komodo yang digelar baru-baru ini di Nusa Tenggara Timur.

BACA JUGA: Belum Punya Rencana Duetkan Jokowi dengan Putra Megawati

“Warga Papua Barat khususnya di Raja Ampat mengucapkan terima kasih kepada Presiden SBY yang saat memberikan sambutan di Sail Komodo, karena menyatakan untuk 2014  destinasinya adalah Sail Raja Ampat," sambung Michael.

Dituturkannya, Sail Raja Ampat akan menjadi persinggahan peserta pelayaran yang berasal dari dalam maupun luar negeri. Karenanya, Michael berharap Raja Ampat benar-benar siap menjadi lokasi even berskala internasional itu, termasuk dalam hal kesiapan infrastruktur.  

BACA JUGA: Perppu MK Memperlihatkan Inkonsistensi SBY

Menurutnya, kesuksesan Sail Indonesia tahun depan akan mendapat dampak positif bagi masyarakat Raja Ampat. "Pesta rakyat dan kedatangan warga dunia jelas akan berpengaruh positif. Untuk itu, perlu membangun infrastruktur, sarana dan prasarana penunjang pariwisata di Raja Ampat. Even itu akan mengakselerasi pertumbuhan ekonomi, pembangunan infrastruktur dan semakin mengukuhkan Raja Ampat sebagai salah satu destinasi wisata,” tegasnya.

Sedangkan Bupati Raja Ampat, Marcus Wanma, mengatakan bahwa seiring dengan semakin meningkatnya wisatawan ke wilayahnya, maka pemda terus berusaha meningkatkan ketersediaan infrastruktur pendukung. Menurutnya, keindahan alam dengan aneka fauna harus didukung dengan infrastruktur.

Marcus menyebut lokasi yang layak untuk penyelenggaraan Sail Indonesia 2014 di Raja Ampat adalah Pantai Waisai Torang Cinta. "Kami siap untuk menjadi tuan rumah Sail Raja Ampat dan menyukseskan acara itu," ucapnya.

Sedangkan Menko Kesra Agung Laksono menjelaskan, berbagai agenda akan mengisi kegiatan Sail Indonesia 2014 di Raja Ampat. Karenanya Agung mengharapkan agar Raja Ampat benar-benar siap menjadi tan rumah Sail Indonesia 2014.

Agung pun menegaskan bahwa pemerintah akan membantu pembangunan infrastruktur pendukung. Harapannya, agar tingkat kesejahteraan masyarakat Raja Ampat juga terangkat.

"Meningkatkan pariwisata tapi tanpa memberikan kontribusi nyata akan menjadi sia-sia. Pemerintah pusat membantu proses infrastruktur demi menjadikan Raja Ampat sebagai tujuan wisata dunia," tegasnya.(jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Anas Anggap Penahanan Andi Belum Urgent


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler