Pastikan Peserta JKN Dapat Pelayanan Berkualitas, Dirut BPJS Kesehatan Tinjau RSUD Cibinong

Minggu, 28 Mei 2023 – 19:43 WIB
Direktur Utama BPJS Kesehatan Ghufron Mukti, didampingi Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cibinong Ichwansyah Gani, serta Kepala Bagian Mutu Layanan Fasilitas Kesehatan Rima Sahara meninjau langsung pelayanan di RSUD Cibinong, Sabtu (27/5). Foto: Dokumentasi Humas BPJS Kesehatan

jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) terus berkomitmen memberikan pelayanan prima yang berkualitas untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Selaras dengan komitmen dari salah satu rumah sakit di Kabupaten Bogor, yakni RSUD Cibinong, BPJS Kesehatan terus menjaga mutu layanan kepada peserta JKN untuk mendapatkan pelayanan mudah, cepat, dan setara.

BACA JUGA: BPJS Kesehatan Borong Dua Penghargaan di Ajang WOW Brand Festive Day 2023

Direktur Utama BPJS Kesehatan Ghufron Mukti, didampingi Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cibinong Ichwansyah Gani, serta Kepala Bagian Mutu Layanan Fasilitas Kesehatan Rima Sahara meninjau langsung pelayanan di RSUD Cibinong, Sabtu (27/5).

Peninjauan tersebut dilakukan untuk memastikan peserta JKN mendapatkan pelayanan yang berkualitas.

BACA JUGA: Dirut BPJS Kesehatan Apresiasi Layanan RSUD K.R.M.T Wongsonegoro

“Peserta JKN juga berhak untuk mendapatkan kemudahan layanan ketika berobat hanya dengan menunjukkan identitas Kartu Tanda Penduduk (KTP) tanpa diminta fotokopi berkas,” ujar Ghufron.

Sesuai dengan fokus utama perbaikan mutu layanan bagi peserta JKN di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL), langkah ini dianggap tepat.

BACA JUGA: Memasuki Tahun ke-10 Program JKN, BPJS Kesehatan Fokus Transformasi Mutu Layanan

Di era digitalisasi, masyarakat didorong untuk memanfaatkan pelayanan digital yang telah tersedia untuk mempermudah layanan melalui pemanfaatan aplikasi Mobile JKN.

“Dengan tersedianya inovasi digital ini, kami berharap peserta JKN yang berobat di RSUD Cibinong memiliki kecepatan waktu tunggu yang singkat, baik saat pendaftaran maupun saat di poliklinik sehingga tidak ada penumpukan pasien," ujar Ghufron.

Pada kesempatan yang sama, Direktur RSUD Cibinong, Yukie Meistisia Anandaputri Satoto menyebutkan 90 persen pasien di rumah sakit yang kini dipimpinnya merupakan peserta JKN, baik pelayanan rawat jalan mau pun rawat inap.

Yukie menegaskan pihak RSUD Cibinong terus berupaya memberikan pelayanan yang optimal kepada peserta JKN.

“Sebagai salah satu rumah sakit mitra BPJS Kesehatan, RSUD Cibinong berupaya memberikan pelayanan optimal serta mempermudah proses administrasi bagi peserta JKN," ujar Yukie.

Selain itu, lanjut Yukie, untuk menunjang kualitas layanan, pihak RSUD Cibinong menyediakan inovasi yang dapat mempermudah proses alur layanan kesehatan, salah satunya dengan adanya mesin Anjungan Pendaftaran Mandiri (APM) yang telah terhubung dengan aplikasi Mobile JKN.

Menurut Yukie, optimalisasi penggunaan menu antrean online terasa dampaknya, terutama pada meningkatnya kepuasan peserta karena tidak perlu menunggu lama.

Selain itu juga meminimalisir risiko tertular virus yang ada di fasilitas kesehatan.

Yukie menyampaikan RSUD Cibinong menjadi rujukan regional bagi berbagai wilayah dan memiliki kapasitas tempat tidur yang memadai, serta terdapat pelayanan penunjang seperti MRI dan CT-Scan," terangnya.

"Dengan demikian, RSUD Cibinong turut berperan dalam meningkatkan kesehatan masyarakat Kabupaten Bogor,” terangnya.

Yukie juga menyampaikan RSUD Cibinong menyediakan layanan kateterisasi jantung (cath lab) yang akan dimulai pada bulan Juni 2023.

“Kami telah mempersiapkan pelayanan cath lab menggunakan peralatan terbaru dan tercanggih yang tidak hanya digunakan untuk jantung, tetapi juga untuk pelayanan neurologi dan vaskular,” jelas Yukie.

RSUD Cibinong juga telah memperkenalkan sistem telemedicine khusus untuk pasien pasca tindakan cath lab yang dinamakan 'CAGEUR'.

Sistem ini telah mendapatkan persetujuan dari Plt Bupati Bogor, dan dijadwalkan akan diresmikan pada pertengahan Juni 2023 mendatang.

Melalui sistem ini, pasien yang telah menjalani tindakan cath lab dapat memantau dan mengevaluasi kesehatannya tanpa harus datang ke rumah sakit secara langsung.

Yukie menambahkan dengan berbagai inovasi dan pengembangan pelayanan yang dilakukan, RSUD Cibinong terus berkomitmen dalam memberikan pelayanan kesehatan yang canggih dan berkualitas.

"Kami berharap bahwa layanan kesehatan yang mudah, cepat, dan setara dapat terus kami tingkatkan untuk kesejahteraan masyarakat Kabupaten Bogor dan sekitarnya,” pungkaas Yukie. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler