PBR Gelar Konvensi Capres

Selasa, 23 September 2008 – 21:52 WIB
JAKARTA - Calon Presiden (capres) Partai Bintang Reformasi (PBR) diharuskan tidak hanya sanggup mengambil simpati struktural pengurus PBR di semua tingkatanTapi juga harus sanggup mengambil hati tokoh masyarakat, profesional, hingga akademisi

BACA JUGA: Iqbal Dicecar 37 Pertanyaan

Pasalnya, mereka dilibatkan langsung sebagai delegasi konvensi yang memiliki poin delegasi.
 
"Inilah salah satu bukti bahwa konvensi yang PBR laksanakan sangat terbuka," tegas Ketua Umum DPP PBR, Bursah Zarnubi, disela-sela Pembukaan dan Peluncuran Konvensi PBR untuk Capres 2009, di Hotel Kartika Chandra, 23 September 2008.

Para tokoh masyarakat, profesional, hingga akademisi ini dikategorikan sebagai delegasi kehormatan
Total poin yang bisa disumbangkan delegasi kehomatan ini berjumlah 7500 poin delegasi

BACA JUGA: KPU Ubah Disain Surat Suara

Setara dengan jatah poin delegasi khusus yang beranggotakan anggota legislatif  PBR semua tingkatan, serta pejabat eksekutif yang didukung oleh PBR seperti kepala daerah.

Total poin delegasi yang akan diperebutkan peserta Konvensi Capres PBR sebanyak 50.000 poin
35.000 poin dikuasai oleh delegasi struktur partai dari pusat sampai PAC, serta struktural organisasi sayap partai seperti Pemuda PBR, Perempuan PBR, dan KALAM PBR

BACA JUGA: Diragukan, ISC Mampu Berantas Mafia Minyak

"Nanti, ketika sudah ada peserta konvensi yang berhasil mengumpulkan seperdua total poin delegasi (25.000) plus satu, maka konvensi harus dihentikanDia akan menjadi capres yang dikukuhkan dalam puncak konvensi yang akan dilaksanakan akhir Maret 2009 mendatang," tambah Bursah.
 
Pendaftaran peserta konvensi dimulai 23 September hingga 7 Oktober mendatangKonvensi PBR di daerah mulai dilaksanakan 10 November mendatang. 
 kendati belum memastikan diri untuk mendaftar pada konvensi PBR, sejumlah tokoh yang disebut-sebut siap maju sebagai capres pada pemilu 2009 mendatang terlihat hadir pada launching konvensi kemarin.

Mereka terdiri dari aktivis dan politisiDiantaranya aktivis KIB Rizal Ramli dan aktivis perempuan Ratna SarumpaetJuga hadir sejumlah politisi seperti Effendi Simbolon dari Golkar, Effendi Choiri dari PKB, Yudi Latif, Aria Bima dan Addie Massardi.

Fungsionaris DPP PBR, Kasmawaty Basalamh menegaskan jumlah peserta konvensi minimal dua orangJumlah maksimal pesertanya ditarget tidak akan lebih dari lima orang"Semua itu untuk menjaga agar mekanisme yang sudah ditetapkan bisa dijalankan lebih baik," terang Kasmawaty.
 
Sementara itu, Ketua DPW PBR Sulsel Nur Hasan menegaskan konvensi PBR sulit disusupi money politicAlasannya, konvensi PBR ini melibatkan struktural partai hingga pengurus anak cabang"Juga menandakan bahwa konvensi PBR lebih terbuka dan demokratis dibanding konvensi capres di Amerika," tandasnya(ysd/JPNN)

BACA ARTIKEL LAINNYA... KY Tolak Usia Pensiun Hakim 70 Tahun


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler