PBSI Terancam tak Punya Wasit Internasional

Senin, 27 Januari 2014 – 12:28 WIB
Juniarto Suhandinata. Getty Images

jpnn.com - JAKARTA - Indonesia terancam tak memiliki wasit internasional. Pasalnya, Juniarto Suhandinata yang saat ini menjadi satu-satunya wasit internasional dari Indonesia akan pensiun akhir tahun mendatang.

Pria yang mulai bertugas sejak 1991 itu hanya akan memimpin tiga turnamen penting pada 2014 ini. Yakni BWF World Championships 2014 di Copenhagen, Asian Games 2014 di Incheon, serta Hongkong Open Super Series 2014.

BACA JUGA: Bradley Smith Bermasalah dengan Seamless Gearbox

Hal itulah yang membuat PP PBSI berusaha keras menyikapinya. PBSI bertekad melahirkan wasit dengan sertifikat BWF. Salah satunya ialah dengan menggeber pelatihan wasit nasional.

“Kami berharap akan banyak muncul referee-referee baru yang berkualitas di tingkat internasional seperti Pak Jun. Indonesia punya banyak pemain yang bagus-bagus, kenapa kita tidak banyak punya referee? Malah negara-negara di Eropa yang tidak punya pemain justru memiliki banyak referee internasional,” ujar Anton Subowo, Sekretaris Jenderal PP PBSI di laman resmi organisasi, Senin (27/1).

BACA JUGA: Presiden Ferrari: Ini Saatnya Juara!

Juniarto juga berharap ada wasit anyar yang akan menjadi penerusnya sebagai wasit bersertifikat BWF. Pria berkaca mata itu juga bersedia membagi ilmunya kepada siapapun yang hendak belajar.

““Harapannya suatu saat nanti ada yang menggantikan saya. Istilahnya ada regenerasi. Referee Indonesia di tingkat internasional akan membawa nama Merah-Putih. Indonesia akan lebih disegani lagi kalau punya referee yang mumpuni,” tegas Juniarto. (jos/jpnn)

BACA JUGA: Knicks Beri Lakers Kekalahan Ke-29

BACA ARTIKEL LAINNYA... Berdampak ke Persiapan PSMS


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler