PDIP Banten Bangun Gedung Baru, Namanya Hj Megawati SP

Rabu, 01 November 2017 – 19:59 WIB
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri meletakkan batu pertama pembangunan gedung DPD PDIP Banten di Serang, Rabu (1/11). Foto: Humas PDIP for JPNN.Com

jpnn.com, SERANG - DPD PDI Perjuangan Banten memulai pembangunan gedung untuk berkantor di Serang, Rabu (1/11). Acara groundbreaking pembangunan gedung DPD PDIP Banten dihadiri langsung oleh Megawati Soekarnoputri.

Presiden Kelima RI itu secara simbolis memulai pembangunan gedung DPD PDIP Banten dengan menuangkan semen lima kali ke lokasi peletakan batu pertama. Ketua umum PDIP itu menuangkan semen hingga lima kali sebagai simbol mulainya pembangunan gedung baru.

BACA JUGA: Sepertinya Ada Proyek Politik Membenturkan PDIP dengan Islam

"Lima kali semen dituangkan. Lima sebagai makna lima sila Pancasila," ujar Wakil Sekretaris Jenderal PDIP Ahmad Basarah yang mendampingi Megawati.

Selain Basarah, ada pula Wasekjen PDIP Eriko Sotarduga, mantan Gubernur Banten Ranp Karno, serta Mulyadi Jayabaya yang dikenal sebagai sesepuh partai berlambang kepala banteng itu di wilayah Banten.

BACA JUGA: Duet Gus Ipul-Anas Bukti Bu Mega dekat dengan Islam dan Kiai

Sebelum peletakan batu pertama, Ahmad Basarah yang juga pelaksana harian (Plh) ketua DPD PDIP Banten menyampaikan laporan kepada Megawati dan hampir seribu pengurus dan kader partai se-Banten. Basarah menuturkan, kantor DPD PDIP Banten dibangun di atas lahan seluas lebih dari 6.150 meter per segi atau yang terluas dibanding DPD lainnya.

BACA JUGA: Kenakan Ikat Kepala Khas Dayak, Chief Herman Diarak

"Sebagaimana Ibu Megawati mengingatkan bahwa kantor partai bukan hanya bangunan fisik tapi hadir sebagai pusat kebudayaan partai dan pusat sosial politik partai untuk bersatu dengan rakyat," ucap Basarah

Lebih lanjut Basarah mengatakan, pembangunan gedung DPD PDIP Banten dibiayai dengan dana gotong royong kader, termasuk yang duduk di legislatif. Dana pembangunan juga berasal dari sumbangan calon kepala daerah PDIP seperti Rano Karno dan Mulyadi Jayabaya dan Rano Karno. 

Total, dana yang terkumpul mencapai Rp 12 miliar. Namun, sambung Basarah, alokasi dana untuk pembangunan fisik gedung DPD PDIP Banten hanya Rp 6,8 miliar.

Karena itu Basarah mengharapkan sisa dana itu dapat dipergunakan untuk kegiatan partai. "Ini menandakan semangat gotong royong hidup di tengah-tengah partai," ucap Basarah.

Dia juga menjamin uang yang dikumpulkan untuk membangun gedung DPD PDIP Banten berasal dari sumber yang jelas. “Halal dan sesuai peraturan perundang-undangan," tambahnya.

Rencananya, gedung DPD PDIP Banten akan terdiri dari dua lantai dengan total luas 4.000 meter persegi. Lantai bawah akan menjadi gedung konvensi atau balai pertemuan yang bisa dipakai untuk kegiatan partai ataupun dimanfaatkan masyarakat.

Sedangkan untuk lantai atas akan dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan pelatihan. Selain itu, DPD PDIP Banten juga sudah menyiapkan nama untuk gedung yang mulai dibangun itu.

"Gedung ini akan dinamai Gedung Serbaguna Hajah Megawati Soekarnoputri," tegas Basarah.

Gedung itu juga akan dilengkapi musala berkapasitas 200 orang. Hal itu juga sebagai upaya menghormati warga Banten yang 90 persen lebih musli,.

"Di Banten kita punya tagline merajut Islam dan Kebangsaan untuk Indonesia Raya. Musala rencana diberi nama Musola At Taufiq sebagai bentuk penghormatan kepada pendiri sekaligus senior partai, almarhum Bapak Taufiq Kiemas," tambahnya.

Gedung baru itu ditargetkan kelar pada November 2018. "Kita berharap gedung serbaguna ini akan bermanfaat bagi partai dan masyarakat Banten," pungkas Basarah.(rmo/jpg)

BACA ARTIKEL LAINNYA... PDIP-Yayasan Friedrich Naumann Sepakat Eratkan Kerja Sama


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler