PDIP Gandeng Pemuda UMNO Tangkal Radikalisme

Selasa, 02 Agustus 2016 – 21:05 WIB
Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Kepemudaan dan Olahraga Sukur H Nababan (tengah) saat menerima kunjungan Wakil Ketua Bidang Kepemudaan Partai UMNO Malaysia, Khairul Azwan Harun bersama rombongan di kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta. FOTO: Dok. PDIP

jpnn.com - JAKARTA - Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Kepemudaan dan Olahraga Sukur H Nababan menerima kunjungan Wakil Ketua Bidang Kepemudaan Partai UMNO Malaysia, Khairul Azwan Harun bersama rombongan di kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Selasa (2/8).

Pertemuan tersebut, membahas seputar dampak radikalisme terhadap kalangan pemuda di masing-masing negara.

BACA JUGA: Syukuran Penetapan Hari Lahir Pancasila, DPP PDIP Nyekar dan Wayangan di Blitar

“Dalam pertemuan itu, kami menyepakati membentuk kerja sama untuk menangkal dampak radikalisme terhadap kalangan pemuda di masing-masing negara,” ujar Sukur kepada wartawan, usai bertemu pemuda Partai UMNO Malaysia di DPP PDI Perjuangan.

Menurut dia, dari kerja sama tersebut, kedua pihak sepakat untuk menggelar seminar terkait dampak radikalisme dan terorisme di tingkat ASEAN.

BACA JUGA: Polda Metro Jaya Bekuk Provokator Tanjungbalai

Motivator anak muda banteng ini mengatakan, dalam pertemuan itu disepakati bahwa dalam usaha membangun negara harus menumbuhkan kesadaran bahwa paham radikal itu tidak baik.

Namun menurut dia, yang terpenting adalah bagaimana membangun pemuda di kedua negara agar lebih siap menghadapi tantangan ke depan.

BACA JUGA: Jokowi: Selagi di Sini Jangan Lupa Menikmati Shopping Kelas Dunia

“Pemuda dituntut lebih kreatif dan mandiri, bagaimana mengembangkan bagi pondasi ekonomi ke depan,” ujarnya.

Tak hanya itu, dalam pertemuan tersebut pihaknya juga meminta Pemuda UMNO menjadi fasilitator dalam melindungi warga negara Indonesia yang berada di Malaysia.

Menurut dia, PDI Perjuangan dan Pemuda UMNO akan segera bertemu WNI di Malaysia yang menjadi pekerja untuk memberikan penerangan terkait regulasi yang berlaku di Malaysia.

“Kami akan membangun komunikasi yang lebih intensif untuk memberikan rasa aman kepada WNI sekaligus menangkal paham radikalisme,” katanya singkat.

Selain itu, kata Sukur, PDI Perjuangan dan Pemuda UMNO akan saling belajar politik di bidang kepemudaaan, misalnya bagaimana konsolidasi internal partai.

Dalam kesempatan itu, Wakil Ketua Pemuda UMNO Malaysia, Khairul Azwan Harun mengatakan, bahwa pihaknya sangat gembira bisa kerja sama yang terjalin dengan PDI Perjuangan selama ini, terutama menyangkut memerangi gejala radikalisme dan terorisme di kalangan pemuda.

Menurut dia, Pemuda UMNO memiliki pemikiran bagaimana mendidik para pemuda untuk mencegah bahaya ideologi radikal.

“Kami rencanakan membuat forum antar bangsa, diposkan UMNO dan PDIP,” ujarnya.

Dia mengatakan pihaknya bertekad menguatkan hubungan, baik Indonesia-Malaysia, setelah sebelumnya dikuatkan antara Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak.(fri/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Politikus PDIP: Ini Kejahatan Luar Biasa


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler