PDIP Minta Elite Sukarelawan Tidak Mereduksi Kepemimpinan Presiden Jokowi

Senin, 28 November 2022 – 17:16 WIB
Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. Foto: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - PDI Perjuangan tidak ingin kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dihancurkan oleh politik mobilisasi.

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyatakan watak kepemimpinan Jokowi adalah politik pemberdayaan rakyat dengan blusukan, turun ke bawah. Dia menilai watak kepemimpinan Jokowi bukan politik mobilisasi sebagaimana terjadi di Gelora Bung Karno belum lama ini.

BACA JUGA: Wanto Repdem Sebut Jokowi Sukses di G20, Tetapi Dihancurkan Sukarelawan di GBK

Menurut Hasto, kepemimpinan kaya prestasi dari Presiden Jokowi harusnya menjadi konsepsi pembangunan agar terjadi kesinambungan bagi masa depan.

“Keberhasilan pembangunan infrastruktur, kemajuan kualitas pendidikan Indonesia melalui Merdeka Belajar, prestasi penyelenggaraan Asian Games dan PON XX di Papua, keberhasilan penanganan Covid dan prestasi pembangunan ekonomi dalam masa yang sangat sulit, serta keberhasilan kepemimpinan di G20 yang sangat spektakuler dan begitu banyak prestasi lainnya, harus menjadj konsepsi utuh bagi pembangunan masa depan," kata Hasto dalam keterangannya, Senin (28/11).

BACA JUGA: Hasto PDIP Ungkap Borok Nusantara Bersatu, Jokowi untuk Indonesia atau Sukarelawan Saja?

Menurut politikus asal Yogyakarta itu, prestasi Jokowi merupakan kebanggaan nasional melalui pembangunan Indonesiasentris.

Hasto juga menilai kawasan perbatasan dibangun sehingga seluruh anak bangsa kini bisa berdiri tegak. Menurutnya, Jokowi mampu mengambil terobosan itu.

BACA JUGA: Soal Agenda Nusantara Bersatu, Hasto Anggap Elite Sukarelawan Manfaatkan Kebaikan Jokowi

“Setiap kita berdiri di pintu-pintu gerbang perbatasan dan melihat ke luar, ke negara tetangga, bergeloralah semangat nasionalisme itu bahwa di bawah Pak Jokowi, Indonesia tidak lagi diremehkan oleh negara tetangga," kata Hasto.

Karena itu, lanjut Hasto, PDIP memberikan kritik atas manuver elite sukarelawan tertentu yang hanya lebih asyik bermanuver untuk capres-cawapres. PDIP ingin menjadi bagian upaya membentengi Jokowi.

“Semua kritik dilakukan dengan penuh kesadaran atas rasa hormat pada prestasi Pak Jokowi agar tidak dikerdilkan oleh berbagai manuver kekuasaan yang bisa mereduksi keberhasilan Pak Jokowi. Jadi, solusinya dalam masa penuh tantangan saat ini, seluruh sukarelawan bersama-sama PDI Perjuangan harus turun ke bawah, blusukan, dan itulah hakekat politik pemberdayaan rakyat. Itulah makna politik sebenarnya yang digelorakan Pak Jokowi. Jadi sekali lagi, tolong jangan reduksi keberhasilan Pak Jokowi dengan manuver yang tidak berguna untuk rakyat. Sebab tantangan yang lain seperti intoleransi dan radikalisme yang semakin marak nyata di depan mata," pungkas Hasto. (tan/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sukarelawan Mak Ganjar Gelar Zikir dan Doa Bersama di Tangsel


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler