PDIP Segera Tetapkan Pendamping Megawati

Kamis, 16 April 2009 – 21:56 WIB

JAKARTA - Banyak kalangan meramal Megawati akan kalah jika tetap dimajukan sebagai capres lawan Susilo Bambang Yudhoyono tak membuat PDIP surut langkahBahkan PDIP akan segera menentukan cawapres pendamping Megawati pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) kelima pada 23 April mendatang.

Sekjen DPP PDIP Pramono Anung menyatakan bahwa tidak mungkin PDIP mengusung capres selain Megawati Soekarnoputri

BACA JUGA: Koalisi Parpol Diharapkan Tak Bias ke Kabinet

Menurutnya, merubah keputusan Rakernas PDIP yang menetapkan Megawati sebagai capres bukanlah perkara gampang
"Jadi wacana agar PDIP mengusung capres selain Ibu Mega hanya analisa spekulatif

BACA JUGA: Kata Jumhur Suara PD Wajar dan Terukur

Kami adalah partai yang taat aturan
Tidak gampang merubah kesepakatan," ujar Pramono kepada wartawan dalam jumpa pers di kediaman Megawati Soekarnoputri di Jalan Teuku Umar Nomor 27 A, Menteng Jakarta Pusat, Kamis (16/4).

Pramono justru menegaskan bahwa saat ini PDIP sedang menggodok lima nama yang sudah mengerucut pada Rakernas PDIP di Solo beberapa waktu lali untuk disandingkan dengan Megawati

BACA JUGA: DPD jangan Paksakan JK Capres

Lima nama itu adalah Sri Sultan Hamengku Buwono X, Prabowo Subianto, Akbar Tandjung, Hidayat Nur Wahid, serta Surya Paloh."Kami sudah mengerucutkan lima nama sebagai kandidat pendamping Ibu Mega," tandasnya.

Orang dekat Megawati ini menambahkan, siapa yang bakal mendampingi Megawati akan diputuskan dalam forum Rakernas kelima yang digelar 23 April mendatang di DPP PDIP di kawasan Lenteng Agung, Jakarta SelatanMeski demikian Pramono juga mengatakan, Rakernas PDIP 23 April nanti tidak menutup kemungkinan akan masuknya nama lain di luar lima nama yang sudah mengerucut sebagai calon pendamping Megawati

Pemilik nama lengkap Pramono Anung Wibowo itu menegaskan, pengurus PDIP di Daerah memiliki hak untuk mengusulkan nama cawapresKarenanya Pramono tidak berani memastikan siapa yang berpotensi paling kuat menjadi pendamping Megawati "Karena suara dari DPD sangat menentukan,” kilahnya.

Pramono hanya bisa memastikan bahwa PDIP harus secepatnya memutuskan nama cawapresnyaSebab, pendaftaran pasangan capres/cwapres di KPU sudah mulai dibuka saat hasil Pemilu legislatif diumumkan pada 9 Mei mendatang"Ini (penetapan cawapres) sudah sangat mendesak," tegasnya.

Pramono menjelaskan, Ketua Bappilu PDIP Tjahjo Kumolo menjadi ketua Panitia RakernasSedangkan agenda utama Rakernas adalah penetapan cawapres dan evaluasi Pemilu legislatif(aj/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... PKB Sandingkan SBY-Ani


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler