Pegadaian Optimalkan Aset

Sabtu, 15 Februari 2014 – 06:32 WIB

SURABAYA - PT Pegadaian (Persero) makin fokus mengembangkan unit usaha. Perusahaan pelat merah itu mulai mengoptimalkan aset yang mereka punyai. Tahun ini, mereka mulai mendirikan hotel dan genjot gadai non emas.
 
Pemimpin Wilayah XII (Jatim) PT Pegadaian Agus Priyabodo mengatakan tahun ini ada enam hotel yang masing-masing berada di enam kota mulai dibangun. Setiap, anggaran setiap hotel berkisar Rp 50 miliar. "Hotelnya bintang tiga dengan jumlah kamar rata-rata 200-an," katanya usai ground breaking Hotel Pesonna di Surabaya, kemarin.
 
Menurut Agus lahan hotel milik perseroan. Di Surabaya, misalnya, adalah bekas kompleks rumah dinas. Gedung setinggi sembilan lantai tersebut bakal beroperasi Oktober nanti.

"Di Jatim, selain di Surabaya, kita berencana membangun di Sidoarjo. Proyeksinya semester kedua mulai berjalan pembangunannya," ujarnya.
 
Selain itu, tambah Agus, mengoptimalkan aset yang mereka juga menggenjot gadai non emas. Barang-barang tersebut antara lain, alat elektronik sampai kendaraan. "Kita punya gudang penyimpanan barang non emas. Itu harus kita manfaatkan," tuturnya.
 
Selama ini, kontribusi penyaluran kredit dengan jaminan non emas masih kecil yakni, dibawah lima persen. Tahun ini, proyeksinya bisa tembus 5 persen. "Core business Pegadaian adalah emas," ucapnya.
 
Agus menyebut pada tahun lalu jumlah barang jaminan dan nasabah Pegadaian Wilayah XII tumbuh 12 persen. Ini, kata Agus, masyarakat mempercayai Pegadaian untuk pembiayaan.

BACA JUGA: Garuda Pastikan tak Kenakan Biaya Tambahan

"Kalau penyaluran kredit pasti meningkat. Ini berbanding lurus dengan harga emas. Unit usaha pembayaran secara on line dan remitensi juga kita akan maksimalkan tahun ini" katanya.
 
Untuk penjualan emas, omzet Pegadaian secara nasional adalah 2 ton. Dari jumlah itu, Jatim berkontribusi sebesar 15 persen. 2014, perusahaan pelat merah itu memproyeksikan pertumbuhan 100 persen atau mencapai 4 ton.

Salah satu strateginya adalah memperluas jaringan penjualan emas perhiasan. "Tahun depan, kami akan menambah sekitar 20 outlet yang bergabung dengan kantor Pegadaian. Sekarang, sudah ada 24 cabang," ujarnya.(dio)

BACA JUGA: Telkomsel Pastikan Jaringan Berfungsi di Area Bencana

BACA JUGA: Benahi RPH dan Kandang, Berdikari Butuh Rp 65 Miliar

BACA ARTIKEL LAINNYA... Indeks Kesulitan Tembus Level 4.500


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler