Pekan QRIS di Palembang Capai 677 Transaksi Selama Tiga Hari

Senin, 26 Agustus 2024 – 20:28 WIB
Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumatera Selatan Duddy Adiyatna. Foto: Dokumen Bank Indonesia (BI) for JPNN.com.

jpnn.com, PALEMBANG - Pemakaian Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di Sumatera Selatan mengalami peningkatan, khususnya Palembang.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan Duddy Adiyatna menerangkan bahwa rangkaian kegiatan Digital Kito Galo (DKG) ke-5 tahun 2024 berhasil mendorong user experience QRIS warga Kota Palembang dengan mencatatkan peningkatan user QRIS perbankan sebesar 3,64 persen.

BACA JUGA: Heboh, Oknum Pegawai BAAK UIN Raden Fatah Palembang Lecehkan Mahasiswa Baru

"Acara DKG ini berlangsung mulai tanggal 23 hingga 25 Agustus, dan alhamdulillah transaksi meningkat selama tiga hari ini, setidaknya sudah ada 677 transaksi melalui QRIS, " terang Duddy di Palembang, Senin (26/8/2024).

Tak hanya itu, jumlah merchant QRIS di booth-booth UMKM binaan BI dan perbankan juga mengalami peningkatan sebesar 4,03 persen.

BACA JUGA: PDIP Resmi Dukung Ratu Dewa - Prima Salam Maju Pilkada Palembang 2024

"Merchant juga meningkat sebesar 4,03 persen," ungkap Duddy.

Kata Duddy, kegiatan yang juga merupakan bagian dari Pekan QRIS Nasional (PQN) ini bertujuan untuk mengakselerasi dan mengedukasi ekonomi dan keuangan digital kepada masyarakat melalui berbagai kegiatan.

BACA JUGA: Soal PDIP & Anies, Pelampiasan Dendam kepada Kubu Jokowi?

Pada DKG tahun ini, ada berbagai kegiatan yang dilakukan, antara lain penandatanganan komitmen Mall SIAP QRIS (Mall Sehat, Inovatif, Aman, Pakai QRIS) oleh Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia sebagai bentuk komitmen sebelas mall di Sumatera Selatan untuk mendukung pembayaran QRIS oleh merchant.

"Serta launching penyediaan QRIS untuk pembayaran tiket LRT Sumatera Selatan, " kata Duddy.

Duddy berharap, komitmen dan kolaborasi dalam mendorong digitalisasi ekonomi dan keuangan di Provinsi Sumatera Selatan dapat terus berlanjut.

"Terutama melalui penggunaan QRIS yang memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi pembayaran secara digital, " harap Duddy. (mcr35/jpnn)


Redaktur : M. Fathra Nazrul Islam
Reporter : Cuci Hati

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
QRIS   Palembang   BI   Sumsel   UMKM   Pekan QRIS Nasional  

Terpopuler