Pelaku Usaha dan Pemerintah Kunjungi Bea Cukai di Beberapa Daerah, Ini Tujuannya

Kamis, 28 Juli 2022 – 19:15 WIB
Kanwil Bea Cukai Bali dan Nusra dan para pengusaha minuman beralkohol di wilayah Bali dalam acara bertajuk Perkuat Sinergi demi Kebangkitan Pariwisata Bali. Foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, BOGOR - Bea Cukai meningkatkan pelayanan dan pengawasan di bidang kepabeanan dan cukai melalui courtesy visit atau kunjungan kerja. 

Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Sulawesi Bagian Selatan (Sulbgasel), Kanwil Bali, NTB, dan NTT, Bea Cukai Jambi, serta Bea Cukai Bogor menerima kunjungan instansi lainnya.

BACA JUGA: Bea Cukai Beri Insentif Tambahan Fasilitas Kepabeanan untuk Ketahanan Industri

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai Hatta Wardhana pada Rabu (27/7) mengatakan Kepala Kanwil Sulbagsel Nugroho Wahyu Widodo menerima kunjungan kerja anggota DPD/MPR RI untuk menyerap aspirasi daerah dan mengetahui kinerja Bea Cukai. 

"Anggota DPD/MPR RI Ajiep Padindang beserta staf, serta perwakilan UMKM di wilayah Sulawesi Selatan ingin memahami tugas dan fungsi Bea Cukai serta capaian kinerja. 

BACA JUGA: Bea Cukai Gagalkan Peredaran Rokok Ilegal di Dua Wilayah Ini

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan program pemberdayaan UMKM Bea Cukai Sulbagsel, yaitu Rumah Solusi Ekspor dan Investasi (RSE).

Bea Cukai Jambi menjalin sinergi dan kolaborasi dengan instansi lain dengan menerima kunjungan kerja dari Balai Karantina Pertanian Kelas I Jambi. 

BACA JUGA: Bea Cukai Hancurkan Barang Ilegal Bernilai Fantastis, Lihat tuh

Kepala Kantor Bea Cukai Jambi Wijang Abdillah menyambut Tim Balai Karantina Pertanian Kelas I Jambi yang memaparkan potensi dan daya jual komoditas pertanian untuk meningkatkan pertumbuhan perekonomian. khususnya ekspor komoditas pertanian. 

"Bea Cukai dan karantina berkomitmen mengatasi segala kendala yang dialami pelaku usaha dalam pelaksanaan kegiatan ekspor. Pertemuan tersebut dapat meningkatkan pertukaran informasi untuk bekerja sama serta melibatkan instansi teknis," ucap Hatta.

Courtesy visit lain terlaksana di Bogor. Bea Cukai Bogor menerima kunjungan kerja perwakilan Kemenko Perekonomian dan memaparkan profil serta tugas fungsi kantor pabean tersebut. 

Stakeholders yang dilayani Bea Cukai Bogor terdiri atas 132 kawasan berikat, 6 gudang berikat, 2 PLB, 31 KITE, 4 KITE IKM, dan 172 reksan cukai. 

Terlaksananya kegiatan tersebut diharapkan memberikan pendalaman wawasan bagi Kemenko Perekonomian terkait kegiatan trade facilitator dan industrial assistance.

Bea Cukai aktif membuka ruang diskusi dengan para pelaku usaha. Hal ini tecermin dari pertemuan antara Kanwil Bea Cukai Bali Nusra dan Bea Cukai Denpasar. 

Kepala Kantor Bea Cukai Denpasar Puguh Wiyatno mengatakan pihaknya berupaya memfasilitasi para pengguna jasa di bidang kepabeanan dan cukai serta terus bersinergi untuk pencapaian dan kerja sama yang lebih baik dalam menggerakan perekonomian di wilayah Bali. 

Usaha pemerintah sangat besar untuk mendukung kemajuan perekonomian Bali, seperti dalam agenda Presidensi G20 yang banyak dilaksanakan di Bali. 

"Jalinan komunikasi yang baik antara para pelaku usaha dengan pemerintah diperlukan agar permasalahan yang ada dapat diselesaikan dengan cepat dan tepat. Hal ini lah yang akan terus diupayakan oleh Bea Cukai," ucap Hatta. (mrk/jpnn)


Redaktur : Tarmizi Hamdi
Reporter : Tarmizi Hamdi, Tarmizi Hamdi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler