Pelatih Arema FC Senang PSIS Diperkuat Pemain Asing

Minggu, 07 Januari 2018 – 00:30 WIB
Panser Biru, suporter PSIS Semarang. Foto: Chandra Satwika/JAWA POS

jpnn.com, MALANG - Keperkasaan skuat baru Arema FC sudah terbukti saat mengalahkan PSIS Semarang di Stadion Gajayana Kamis lalu (4/1).

Arema FC menang 5-3 dalam uji perdana setelah Liga 1 2017 berakhir. Tapi, sejatinya tantangan Arema FC ini bukanlah di laga itu.

BACA JUGA: Tanpa Seleksi, Persija Rekrut Eks Pemain Persela

Tapi, di laga sore ini (7/1) di Stadion Moch Soebrata, Magelang, saat Arema FC kembali bersua PSIS Semarang.

Selain bermain di luar kandang, laga sore ini PSIS Semarang sudah diperkuat banyak pemain asingnya. Jadi, tekanan ke Arema FC bisa jadi semakin berat dibanding tekanan di laga perdana.

BACA JUGA: Arema FC Kalahkan PSIS Semarang di Gajayana

Selain Ibrahim Conteh yang telah lama bergabung, PSIS telah kedatangan beberapa pemain asing lagi, yakni Petar Planic (stoper), Kim Dong Hyeon (gelandang), Samuel Sibatuara Nainggolan (gelandang), Pavel Purishkin (striker), dan terakhir Leandro de Oliveira da Luz (striker). Total terdapat enam pemain asing yang berpotensi diturunkan dalam laga uji coba sore ini.

Meski masih berstatus sebagai pemain yang di-trial atau seleksi, tapi beberapa pemain tersebut tentu bakal semangat dan mencoba menunjukkan kemampuan terbaiknya. Tujuannya agar dikontrak manajemen PSIS Semarang.

BACA JUGA: Bukan untuk Pamer Kemenangan di Hadapan Aremania

Turunnya beberapa pemain asing tersebut dibenarkan pelatih kepala PSIS Semarang Subangkit.

”Mungkin kami men-trial beberapa pemain asing yang datang,” ujar pelatih kelahiran Pasuruan, 58 tahun silam itu. Kemungkinan, bek tengah Petar Planic dan penyerang Pavel Purishkin.

Menghadapi Arema, Subangkit menjelaskan bahwa timnya akan tetap memainkan skema permainan yang hampir sama seperti pada pertandingan yang sebelumnya.

”Kami akan tetap bermain terbuka seperti waktu main di Malang,” imbuh eks pelatih Mitra Kukar tersebut.

Berkaca dari pertandingan sebelumnya, sepertinya Subangkit akan lebih mewaspadai pergerakan dari Johan Alfarizie dan Dendi Santoso.

”Kami akan bermain terbuka, tapi tetap mewaspadai winger-winger Arema,” imbuhnya.

Dia juga merasa bahwa kebobolan lima gol pada Kamis lalu (4/1) merupakan permasalahan yang harus dikaji kembali olehnya secara keseluruhan, terutama di lini pertahanan.

”Yang perlu dievaluasi pastinya lini belakang,” ujarnya. Dia menambahkan bahwa salah satu yang disorot olehnya adalah penjaga gawangnya.

”Untuk kiper, saya rasa mentalnya masih perlu diperbaiki,” tambah pria kelahiran 29 November 1959 itu.

Menanggapi kemungkinan banyaknya pemain asing yang bakal diturunkan PSIS di pertandingan sore ini. Pelatih kepala Arema FC Joko ”Gethuk” Susilo justru senang menghadapi situasi seperti itu. ”Tidak ada masalah bagi saya,” ujar Gethuk.

Menurut dia, laga uji coba tersebut memang untuk mengetes sejauh mana kesiapan timnya.

Jadi, dia beranggapan bahwa semakin banyak pemain asing berkualitas yang bisa diturunkan untuk melawan anak asuhnya, hal tersebut dinilai lebih baik.

”Ini uji coba, kami seharusnya semakin senang (jika tim lawan semakin kuat),” imbuh pelatih pemegang lisensi A dari AFC tersebut.

Dia menjelaskan, semakin banyak pemain asing yang bisa dimainkan, hal tersebut akan semakin menguntungkan bagi timnya.

Sebab, dia membandingkan pada laga-laga di kompetisi Liga 1 musim depan. ”Nanti lawan-lawan kami juga memainkan 4–5 pemain asing,” imbuh bapak lima anak itu.

Bahkan, dia berharap bahwa pemain asing PSIS tersebut merupakan pemain berkelas semuanya.

Namun, dia mengaku belum mengantongi kelemahan dan kekuatan dari PSIS dari pertandingan sebelumnya.

”Saya belum menganalisis dari PSIS, saya fokus di tim saya saja,” ujar pelatih berusia 47 tahun tersebut.

Sebab, dia beranggapan bahwa tim lawan akan selalu dinamis dan pasti akan mencoba untuk mengubah gaya permainan.

”Untuk sementara saya hanya memperbaiki tim saya. Yaitu, kelemahan kami. Nanti hal itu yang kami perbaiki,” pungkasnya.

Bagi Aremania yang tidak bisa mendukung langsung sepertinya tidak perlu khawatir karena laga antara tim berjuluk Laskar Mahesa Jenar dan Singo Edan tersebut rencananya akan disiarkan langsung melalui live streaming channel YouTube PSIS TV. (gg/c2/riq)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hadapi PSIS, Pelatih Arema FC Siapkan Dua Tim


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler