Peledakan Pesawat NWA Digagalkan

Minggu, 27 Desember 2009 – 01:18 WIB
Salah satu pesawat NWA di sebuah bandara. Foto: Internet.
DETROIT - Insiden menyerupai tragedi teror 11 September 2001 nyaris terjadi lagi di ASSeorang pemuda Nigeria, yang terkait dengan jaringan teroris Alqaidah, berupaya meledakkan pesawat Northwest Airlines saat hendak mendarat di Bandara Romulus, pinggiran Detroit, Jumat siang (25/12) atau kemarin WIB (26/12).

Untungnya, upaya peledakan berhasil digagalkan penumpang dan awak pesawat

BACA JUGA: Arab Saudi Permudah Izin Tinggal Pendatang

Pelakunya berhasil dibekuk
Abdul Farouk Abdulmutallab, 23, warga negara Nigeria, terluka parah dalam serangan yang disebut sebagai teror Hari Natal tersebut

BACA JUGA: Pengamanan Paus Benedictus Diperbaiki

Saat itu, pesawat Nortwest Airlines nomor penerbangan 253 terbang dari Amsterdam, Belanda, dengan mengangkut 278 penumpang dan 11 awak.

Para penumpang menuturkan, mereka mencium asap, melihat benda berpijar, dan mendengar bunyi letusan
Selanjutnya, seorang penumpang melompat ke arah Abdulmutallab yang berupaya menarik picu bahan peledak.

"Tiba-tiba terdengar suara letupan dalam sarung bantal,’’ ujar Peter Smith, penumpang dari Belanda

BACA JUGA: Taliban Rilis Video Tawanan Tentara AS

’’Setelah letupan itu, lalu keluar asap,’’ lanjutnya.

Menurut Smith, seorang penumpang yang duduk di seberang pelaku berhasil menggagalkan upaya peledakan ituPenumpang yang menjadi pahlawan tersebut mengalami luka bakar.

Syed Jafry, penumpang yang duduk tiga baris di belakang Abdulmutallab, membenarkan soal bunyi ledakan kecil’’Semua orang terkejutKami melihat sekeliling, tetapi tak menemukan apa-apa,’’ katanya’’Beberapa detik kemudian, muncul sedikit cahayaMirip apiLalu, terjadi kebakaranOrang-orang pun panikMereka cepat-cepat memadamkan,’’ lanjutnya.

Setelah diamankan, tersangka selanjutnya dibawa ke kursi penumpang barisan depanCelananya sobek dan kakinya terbakarPara petugas keamanan yang tiba di lokasi setelah pendaratan menyatakan bahwa tersangka mengalami luka bakar parah di kakinyaHal ini mengindikasikan bahwa di bagian tubuhnya tersebut bahan peledak itu diikatkanBahan peledak tersebut terdiri campuran, termasuk substansi berbentuk bubuk kimia.

Gedung Putih memastikan insiden dalam pesawat itu sebagai upaya terorismePemerintah AS langsung menetapkan status siagaPresiden Barack Obama memerintahkan peningkatan keamanan di seluruh bandara AS’’Kami yakin itu merupakan percobaan aksi terorisme,’’ kata seorang pejabat Gedung Putih yang menolak disebut namanya’’Setelah berbicara dengan sejumlah penasihat keamanannya, Presiden Obama menginstruksikan diambil seluruh langkah untuk meningkatkan keamanan penerbangan,’’ lanjut pejabat itu.

Insiden itu terjadi delapan tahun setelah pengebom sepatu Richard Reid asal Inggris berupaya untuk meledakkan pesawat dalam penerbangan dari Paris, Prancis, menuju Miami, ASPeristiwa tersebut juga mengingatkan warga AS soal penerbangan sebagai target teror.

Abdulmutallab dilaporkan menerima perawatan di rumah sakit Universitas Michigan (University of Michigan Medical Center) di Kota Ann Arbor, dekat Michigan’’Kami menerima seorang pasien akibat insiden tersebut,’’ kata Tracy Justice, juru bicara rumah sakit, tanpa menyebut pasien itu adalah pelaku upaya peledakan.

Kepada pihak berwajib, seperti dikutip media AS, pelaku mengaku mendapat perintah dari  AlqaidahTetapi, para pejabat kontraterorisme AS mengkaji kemungkinan dia bertindak atas inisiatif sendiri.

Mengutip informasi dari pejabat keamanan, media AS juga melaporkan, pelaku mengaku kepada para penyidik bahwa dirinya membeli bahan peledak itu di YamanTermasuk, cara dan instruksi penggunaan.

Ada dugaan bahwa Abdulmutallab terkait dengan ulama Yaman kelahiran AS, Anwar al-Aulaqi, yang pernah berhubungan dengan psikiater militer AS yang menembak 13 orang di pangkalan militer Texas bulan lalu(ap/afp/rtr/dwi)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Berlusconi Janji Habisi Mafia


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler