Peluang Indonesia Bawa Pulang Gelar

Pebulutangkis Tiongkok Absen di India Super Series

Rabu, 27 April 2011 – 19:06 WIB
NEW DELHI - Asa pebulu tangkis Indonesia pada kejuaraan India Super Series dimulai hari iniDalam pertandingan babak pertama

BACA JUGA: Bukan Wasit Portugal, Tapi Pengagum Messi

Para pebulu tangkis Indonesia berpeluang besar membawa gelar karena hasil drawing sedikit menguntungkan Indonesia
Selain itu, pemain-pemain Tiongkok juga absen.

Hal itu juga diakui oleh Kabid Binpres PB PBSI Hadi Nasri

BACA JUGA: Persela Tahan Imbang Persib

Menurut dia, melihat hasil undian peluang pebulu tangkis Indonesia untuk melaju sampai partai puncak terbuka lebar
Pasalnya, lawan-lawan yang akan dihadapi oleh pebulu tangkis andalan Indonesia di babak awal tidak begitu berat.

Di tunggal putra misalnya, meskipun terdapat pebulu tangkis tunggal putra terbaik dunia asal Malaysia Lee Chong Weim, Indonesia yang menurunkan Taufik Hidayat bisa lega

BACA JUGA: Neuer: Kami Tak Sekuat di Perempat Final

Keduanya diprediksikan baru bertemu pada partai puncak.

Demikian juga di ganda putra, dimana pebulu tangkis ganda pelatnas Indonesia M Ahsan/Bona Septano juga menjadi unggulan keduaMereka berbeda seeding dengan unggulan pertama asal Malaysia, Kien Keat Koo/Boon Heong Tan.

Sementara itu, di ganda campuran, peluang tersebut bisa semakin besarPemain Indonesia Tontowi Ahmad/Lilyana Natsir dan Fran Kurniawan/Pia Zebadiah mendapatkan bye, sehingga langsung lolos ke babak kedua.

"Kalau seperti ini, skenario untuk mereka lolos ke final bisa terbuka lebarNamun, mereka tetap harus waspada," ujar Hadi saat ditemui kemarin (26/4).

Meskipun pemain Tiongkok tidak turun, dia menilai tetap tidak mudah karena kemampuan negara lain sudah mulai merataBahkan, jika tidak berhati-hati, lanjut Hadi, Indonesia bisa saja tidak pulang membawa gelar.

"Pemain kami bisa tambah beban kalau terlalu diunggulkanBiarkan mereka bertanding sebaik mungkinKalau memang berusaha keras, kami yakin gelar itu akan datang sendiri," ujar laki-laki berusia 61 tahun tersebut.

Untuk sektor putri, Hadi belum bisa memberikan penilaian, karena belum mengetahui pasti bagaimana perkembangan pemainnya setelah dilatih oleh Li MaoHanya, dia melihat ajang India Super Series ini merupakan kesempatan bagi Ardiyanti Firdasari dkk untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya.

"Kalau menyaingi Tiongkok mungkin beratTapi, sekarang ini tidak ada, jadi mereka harus bisa lebih baik dari pertandingan-pertandingan sebelumnya," papar Hadi.

Lelaki yang baru menjabat sebagai Kabid Binpres sejak 1 April lalu itu berharap super series kali ini bsia memberikan gelar pertama bagi IndonesiaAlasannya, selama ajang super series pada 2011 ini, Indonesia belum sekalipun membawa pulang gelar.

Padahal, ajang ini juga bisa menjadi ajang persiapan terakhir sebelum pebulu tangkis Indonesia mulai berjuang mengumpulkan poin menuju Olimpiade 2012 London"Mereka harus serius, semangat untuk bisa lolosKarena memang ini menjadi pertandingan terakhir sebelum poin mereka dihitung di Gold Grand Prix Malaysia Mei nantiTunjukkan tekad kalau memang mau tampil di Olimpiade," tandasnya.

Di sisi lain, pebulu tangkis tunggal putra pelatnas Taufik Hidayat mengaku sudah siap melakoni pertarungan melawan tunggal tuan rumah, Anup SridharDia menegaskan bahwa ingin berjuang keras untuk mempertahankan peluangnya tampil di Olimpiade.

"Saya akan berusaha untuk tampil bagus dan meraih prestasi maksimalIni bagian dari persiapan untuk mulai perhitungan poin Olimpiade juga," ujar tunggal putra terbaik Indonesia tersebut melaui pesan singkat(aam)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Adu Tajam Messi-Ronaldo


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler