Pelumas Ritel Perkuat Brand Image ke Komunitas

Senin, 15 Agustus 2011 – 21:50 WIB
SURABAYA - Persaingan industri pelumas ritel di tanah air makin ketatPasalnya, pasar tak lagi terbagi antara pelumas merek internasional dan oli nasional, namun sejak tahun lalu ada oli dari Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM)

BACA JUGA: Remitansi dari TKI Naik 20 Persen

Karena itu, saat ini produsen pelumas ritel makin gencar melakukan pemasaran untuk mempertahankan pangsa pasar, bahkan menaikkan penjualan mereka.

Di Indonesia, konsumsi oli diperkirakan mencapai 900 juta liter per tahun
Yang terbagi 60 persen merupakan oli untuk otomotif  dan 40 persen untuk industri

BACA JUGA: Tiongkok Jajaki Pembangunan Pabrik Semen

Jumlahnya dari tahun ketahun diperkirakan akan terus meningkat seiring dengan pertumbhan penjualan kendaraan baik roda empat maupun dua.

Peluang tersebut dimanfaatkan oleh ATPM untuk mengeruk pundi emas melalui penyediaan oli, terutama bagi unit baru
"Persaingan semakin ketat sebab sekarang ada oli ATPM

BACA JUGA: Global Akuisisi Apple Premium Reseller

Motor baru saat ini menggunakan oli ATPM jika tak ingin garansi mereka hangus," kata Ivan Rastianto, advertising and promotion manager marketing divison Evalube Lubricant PT Wiraswasta Gemilang Indonesia (WGI).

"Karena itu saat ini kami fokus untukk menggarap pasar motor yang garansinya sudah habisDengan gencar membangun brand awarenessSalah satu caranya dengan menyasar komunitas motor," tambahnyaSaat ini diperkirakan populasi motor di tanah air mencapai 51 juta unit dengan rat-rata pertumbuhan double digit per tahun.

Kedatangan penantang baru tak menjadikan WGI patah arangBahkan perusahaan yang memiliki pabrik di Jawa Barat itu itu mengincar kenaikan market share 12 persen dari 11 persen di 2011.

"Kami terus melakukan promosi dengan komunitas motor atau bikersBerbeda dengan merek lain yang melakukan pemasarn dengan iklan di media, kami lebih banyak menyasar komunitasDengan harapan kedepannya bisa menaikkan jumlah konsumen," harap Ivan(aan)

BACA ARTIKEL LAINNYA... GM Tambah Investasi USD 150 Juta di Bekasi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler