Pemain-Pemain NBA Tunjukkan Kualitas

Minggu, 29 Agustus 2010 – 15:00 WIB

ISTANBUL - Wakil-wakil Asia terbukti masih kesulitan menghadapi lawan dari benua lain pada Kejuaraan Dunia FIBA 2010Bahkan, Tiongkok yang disebut sebagai kekuatan terbesar Asia di cabang bola basket harus merasakan kekalahan di laga perdana grup C ajang empat tahunan itu

BACA JUGA: Spies Naik Kelas Gantikan Rossi

Tiongkok menyerah pada salah satu tim kuat Eropa, Yunani, dengan 81-89 .

Kekalahan Tiongkok kemarin tidak lepas dari performa buruk mereka pada paro waktu pertama
Yunani yang langsung tampil agresif meraih keunggulan 25-18 di kuarter pertama dan mengakhirinya dengan keunggulan sepuluh angka menjelang jeda 47-37.

Tiongkok mencoba berbenah begitu laga dimulai kembali di kuarter ketiga

BACA JUGA: Ibrahimovic Resmi ke Milan

Perlahan mereka mampu mempersempit jarak poin
Di akhir kuarter ketiga, Tiongkok sempat hanya tertinggal tiga poin, 62-65.

Di kuarter itu, Tiongkok yang tak diperkuat Yao Ming, sempat melaju dengan 12-2

BACA JUGA: Gerimis Bantu Webber Rebut Pole

Mantan pemain LA Lakers Sun Yue dan Yi Jianlian yang memperkuat Washington Wizards berjuang keras mengangkat permainan timnya.

Namun, peluang kebangkitan tersebut tak berlanjut hingga akhirDi kuarter terakhir giliran Yunani yang kembali panasDi kuarter itu, Yunani mencetak 24 poin, sedangkan Tiongkok hanya 19Yunani pun untuk sementara menduduki puncak klasemen grup C dengan kemenangan 89-81Hingga akhir laga, Sun Yue meraup 15 poin, sementara Yi Jianlian mengemas 26 poin.

Padahal, kekuatan Yunani dalam pertandingan tersebut sebenarnya tereduksi dengan skors yang dijatuhkan FIBA kepada dua pemain merekaAntonis Fotsis dan Sofoklis Schortsanitis dilarang tampil dua laga di kejuaraan dunia karena dianggap bersalah atas insiden perkelahian dengan pemain Serbia dalam laga uji coba beberapa waktu lalu.

Yunani sebenarnya sempat melakukan banding atas skors ituNamun, FIBA melalui sekretaris jenderalnya, Patrick Baumann, menolak banding itu.

Wakil Asia lainnya, Jordania, juga mendapatkan hasil burukSempat unggul di babak pertama atau dua kuarter awal, mereka harus menyerah pada Australia dengan selisih setengah bola 75-76.

Jordania memetik keunggulan 18-12 saat kuarter pertama berakhirMereka pun memperlebar jarak keunggulan hingga 39-32 untuk mengakhiri babak pertamaNamun, petaka di kuarter ketiga harus membuat Jordania terpuruk.

Duet Aleks Maric dan David Andersen memberikan kebangkitan bagi Australia di kuarter ketigaDi kuarter itu Australia mampu melesakkan 24 poin, sedangkan Jordania menambah 16 poinTotal, Maric menyumbangkan 23 poinSementara, Andersen yang memperkuat tim NBA Toronto Raptors meraih 22 poin.

Kemenangan pada laga pertama juga didapatkan dua tim tangguh Eropa, Slovenia di grup B dan Lithuania di grup DSlovenia menumbangkan wakil Afrika Tunisia dengan 80-56Lithuania yang menjadi pesaing bagi Spanyol di penyisihan grup, mengalahkan Selandia Baru dengan skor 92-79Di laga itu, lagi-lagi pemain NBA, Linas Kleiza, yang memperkuat Raptors menjadi pencetak angka tertinggi dengan 27 poin(ady/c2/ang)


HASIL PERTANDINGAN KEMARIN :

Grup A

Australia 76 v Jordania 75

Grup B

Tunisia 56 v Slovenia 80

Grup C

Yunani 89 v Tiongkok 81

Grup D

Selandia Baru 79 v Lithuania 92


BACA ARTIKEL LAINNYA... Forlan Kirim Sinyal Setuju


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler