Pembuangan Sampah Kini Jadi Tempat Berburu Dolar

Sabtu, 17 Januari 2015 – 11:31 WIB
Salah seorang warga kampung Parung Dengek, desa Wana Herang, Gunung Puti, Bogor, menunjukkan dollar yang berhasil didapatkannya dalam tumpukan sampah di TPS PT. Samba Paper, Kamis (15/1). Foto: Nelvi/Radar Bogor/JPNN.com

jpnn.com - BOGOR - Lazimnya, tempat pembuangan sampah (TPS) adalah lokasi akhir dibuangnya sisa barang rumah tangga atau industri yang sudah tak terpakai lagi. Tapi tidak untuk TPS Kampung Dengdek, Desa Wanahereurang, Kecamatan Gunungputri Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Di gunungan sampah, para pemulung justru bisa mendapatkan uang Dollar Amerika Serikat dengan mudah.

BACA JUGA: Masalah Kayak Gini yang Diomongin Jokowi-Ahok

Pipin (45) bak mendapat durian runtuh, kemarin siang. Perempuan asal RT02/10 Kampung Dengdek ini berhasil  menemukan uang kertas jenis Euro. Nilainya pun tak kecil yaitu  EUR 50 atau senilai dengan Rp 613.050 (1 Euro= Rp12.261). Uang itu dia temukan ketika mengotak-atik sampah di TPS Dengdek.     
    
Saat ditemui Radar Bogor (Grup JPNN.com), parasnya semringah betul. “Banyak yang cari Dolar di sini. Alhamdulillah, kalau beruntung banyak yang dapat,” ujar Pipin kepada Radar Bogor, Jumat (16/10.

Letak kampung Pipin yang berdekatan dengan TPS, membuat dirinya memilih untuk mengais rezeki dari sampah. Pipin tak sendiri, hampir 541 warga di desanya juga menekuni pekerjaan serupa. (azi/cr1/awa/jpnn)

BACA JUGA: APTB Akan Bergabung di Bawah Manajemen PT TransJakarta

BACA JUGA: BBM Fluktuatif, Gagas Batas Atas-Bawah Tarif Angkutan

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ahok: Organda gitu, Naik Mau Turun enggak Mau


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler