Pembuktian Kematangan Seorang Andik

Sabtu, 07 Desember 2013 – 07:20 WIB
Andik Vermansah. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - SIAPA pemain Indonesia yang akan menjadi andalan? Pelatih Rahmad Darmawan enggan menyebut nama secara spesifik. Bagi dia, seluruh pemain yang ada di timnya, adalah pemain kunci dan sangat penting perannya.

 

"Tak ada personal yang ditonjolkan di sini. Semua pemain penting, karena kami bermain sebagai sebuah tim," katanya.

BACA JUGA: In or Out, Sergio?

Namun, dari sekian pemain yang ada di Timnas U-23 saat ini, Rahmad tak menampik jika ada beberapa yang memiliki pengalaman lebih di TImnas SEA Games karena sudah bermain sejak SEA Games 2011 silam.

BACA JUGA: Hadapai Lawan Layaknya Final

Salah satunya adalah Andik Vermansah. Rahmad pun kerap menempatkan pemain didikan Persebaya 1927 itu sebagai pilihan utama di timnya, karena dia bisa ditempatkan di sayap maupun second striker. Selain itu, Andik memiliki kecepatan dan tendangan yang bagus.

"Secara pengalaman memang banyak, tapi kalau kualitas, semua pemain bagus-bagus. Merata," terang dia.

BACA JUGA: Riedl Tiba, Langsung Bertemu PSSI

Khusus untuk Andik, pelatih yang gemar bertopi itu menyebutnya pemain 22 tahun tersebut semakin matang. Dibanding 2011 silam, saat ini Andik makin dewasa dan mampu mengambil keputusan dnegan baik.

"Kalau dulu lebih individual, sekarang semakin bagus. Dia mampu bermain tim lebih baik," ucapnya.

Rahmad melanjutkan, kali ini Andik semakin matang dalam mengmabil keputusan. Tahu kapan harus mengeksekusi sendiri, dan tahu kapan harus membagi bola itu ke teman. Selain itu, dia saat ini juga dipercaya sebagai eksekutor bola-bola mati.

Untuk semangat dan motivasi, Andik menurut Rahmad harusnya bisa semakin baik karena dia tak lagi memiliki beban apa-apa. Pasalnya, sebelum berangkat ke Myanmar, Lionel Messi-nya Indonesia itu sudah melakukan penandatanganan kontrak dengan klub barunya, Selangor FA.

Andik pun demikian, dia mengaku berharap bisa menyempurnakan raihan prestasi di SEA Games yang bajkal menjadi panggung SEA Games terakhirnya ini. Dia ingin, membalaskan kegagalan pada SEA Games 2011 silam.

"Saya merasa semakin ada perkembangan. Untuk permainan tak ada masalah dan sudah paham karena pelatihnya sama. Semakin hari saya semakin optimistis untuk meraih emas SEA Games," tegas penggemar Cristiano Ronaldo itu.(aam)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Daud Yordan Pertahankan Gelar Juara Dunia


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler