Pemerintah Akan Bentuk Satgas Penanganan Penyebaran Virus Corona

Jumat, 13 Maret 2020 – 05:20 WIB
Kepala Staf Presiden Moeldoko. Foto: Fathan Sinaga/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyatakan akan mengoptimalisasi praktisi di bidang kesehatan mulai dari kalangan akademisi hingga asosiasi untuk berkolaborasi terkait rencana pembentukan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Virus COVID-19.

"Besok (hari ini) saya akan kumpulkan, saya sudah undang dari perguruan tinggi, dari asosiasi-asosiasi yang berkegiatan di dunia kesehatan, kami akan ajak bersama untuk bekerja bersama," kata Moeldoko saat ditemui pada Munas Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) di Jakarta, Kamis (12/3).

BACA JUGA: IDI Ungkap Fakta Menarik Soal Virus Corona

Moeldoko menjelaskan, dengan perubahan status virus Corona atau COVID-19 dari epidemi menjadi pandemi oleh WHO, pemerintah merasa perlu mengambil langkah-langkah progresif dengan mengoptimalisasi potensi para praktisi di bidang kesehatan.

Menurut dia, tidak cukup hanya melibatkan Kementerian Kesehatan untuk menangani virus COVID-19 di Indonesia. Ada pun Satgas Penanganan COVID-19 ini sudah dibentuk berdasarkan perintah Presiden Joko Widodo.

BACA JUGA: Virus Corona di Malaysia: Khotbah Jumat Dipersingkat, Jemaah Diminta Wudu di Rumah

Moeldoko menambahkan bahwa Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang akan menjadi pelaksana Satgas Penanganan COVID-19.

"Nanti ada kedua dewan pengarah dan jajaran, ada ketua pelaksana dan mudah-mudahan nanti, saya pikir Kepala BNPB yang sudah mulai pegang kendali nanti," kata dia.

BACA JUGA: Tiongkok Sewot Lantaran Dituduh Tidak Becus Menangani Corona

Sebelumnya, Ketua DPR RI Puan Maharani mengingatkan pemerintah pada pentingnya membentuk Tim Nasional (Timnas) Penanganan Virus COVID-19.

Dalam operasionalnya, kata Puan, timnas itu dapat berbentuk Satuan Gugus Tugas (Satgas) yang bersifat lintas kementerian dan lintas daerah sehingga upaya-upaya penanganan bisa terukur dan memenuhi protokol standar Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization/ WHO).

Menurut Mantan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan di Kabinet Kerja lalu itu, pemerintah masih membahas pembentukan satgas terkait penanganan COVID-19.

Namun, DPR RI mendesak pemerintah segera bekerja sama dengan komunitas-komunitas internasional dalam upaya mengatasi wabah COVID-19, termasuk mengadopsi pengalaman-pengalaman negara lain yang berhasil meredam wabah tanpa korban jiwa. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fajar W Hermawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler