Pemerintah Bantah Rencanakan Redenominasi Rupiah

Selasa, 03 Agustus 2010 – 13:57 WIB
JAKARTA— Wacana Gubernur Bank Indonesia (BI), Darmin Nasotiun untuk melakukan redenominasi atau pemotongan nominal Rupiah sebagai langkah penguatan nilai tukar Rupiah, ternyata belum dikomunikasikan dengan Pemerintah

Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Radjasa, dengan tegas mengatakan bahwa Pemerintah tidak memiliki rencana untuk melakukan redenominasi

BACA JUGA: BI Kaji Redenominasi Rupiah

"Saya tidak mau berpolemik soal itu
Tidak ada agenda Pemerintah atau program yang kita bahas dengan BI terkait soal itu," kata Hatta Radjasa kepada wartawan di Jakarta, Selasa (3/8).

Kalaupun nantinya redenominasi tetap diwacanakan BI, maka butuh waktu untuk melaksanakan realisasi perubahan nilai nominal Rupiah

BACA JUGA: Investasi RI Terhambat Daya Saing

"Bisa saja itu jadi wacana BI, tapi kalau dikembangkan bukan berarti harus segera dijalankan
Dalam agenda pemerintah tidak ada

BACA JUGA: Tak Sesuai Identitas, Tiket Mudik Bakal Hangus

Kalaupun ada maka perlu waktu yang sangat panjang," kata Hatta.

Hatta pun meminta agar wacana redenominasi jangan terus dikembangkanKarena nantinya justru akan menimbulkan kekhawatiran ditengah masyarakat.

"Jangan terus dipolemikkan dan jangan dispekulasikanJangan sampai nanti dimasyarakat belum ada apa-apa muncul pikiran semacam schenering seperti waktu dulu," kata Hatta.

Hal senada juga disampaikan oleh Wakil Menteri Keuangan, Any RatnawatiSaat ditemui di Hotel Sari Pan Pasific, JakartaAny membantah bahwa Pemerintah telah mulai melakukan pembahasan mengenai wacana yang disampaikan Gubernur BI terpilih Darmin Nasution."Tidak ada pembahasan ituTidak ada," tegas Any.

Bahkan Menteri Keuangan Agus Martowardojo pada wartawan Senin malam mengungkapkan tidak mengetahui apa itu arti redenominasi"Apa itu redenominasi?," kata Agus balik bertanya.

Begitu dijelaskan wartawan maknanya, Agus pun buru-buru langsung menegaskan bahwa tidak ada wacana Pemerintah terkait hal tersebut"Tidak mungkin itu," kata Agus.(afz/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Siapkan Jalur KA Pelabuhan-Bandara-Stasiun


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler