Pemerintah Beri Insentif Pengembang Rumah Murah

Senin, 17 Oktober 2011 – 16:46 WIB

JAKARTA - Pemerintah pusat memberikan kesempatan sebesar-besarnya kepada pengembang untuk membangun rumah murah dan sangat murahPengembang yang bersedia membangun rumah murah dan sangat murah tidak hana mendapat kemudahan, tetapi juga insentif.

"Uang pemerintah tidak cukup banyak untuk menutupi backlog (kebutuhan perumahan) di seluruh daerah

BACA JUGA: Tarif Kargo Kereta Api Segera Dievaluasi

Harus ada bantuan dari pemda dan pengusaha juga," kata Menpera Suharso Monoarfa dalam keterangan persnya, Senin (17/10).

Menurut Suharso, bantuan pemda biasanya terkait dengan penyediaan lahan
Sementara bila hanya fokus ke pusat, dana yang ada tidak bisa mencukupi

BACA JUGA: Merpati Dituding Lakukan Politisasi Kasus Avtur



"Paling-paling dananya cuma cukup sampai ke pembelian lahan saja
Kalau pemda sudah ada lahannya, pembangunan rumah akan semakin mudah

BACA JUGA: Laris, Pesanan ORI Tembus Rp 10,7 T

Karena bantuan pusat hanya untuk pembangunannya saja, bukan pengadaan tanah," bebernya.

Sayangnya, terang Suharso, sangat sedikit pengembang yang bersedia membangun rumah murah dan sangat murahSelain harga yang rendah dari sisi keuntungan, pengembang dibenturkan dengan berbagai macam perizinan yang berbelit-belit.

"Pengembang jadi malas menyediakan rumah murah karena ongkos produksinya tidak sebanding dengan untungnyaApalagi kalau pemdanya tidak kooperatif, tambah malas lagi merekaUjung-ujungnya mereka pilih bangun rumah menengah atas," tutur politisi PPP yang seentar lagi mengakhiri jabatan di kursi Menpera itu

Untuk menarik minat pengembang, pemerintah pun telah mengambil kebijakan dengan memberikan insentif Rp 150 juta bagi developer yang mau membangun rumah murahDi samping meminta kepala daerah untuk memberikan kemudahan dalam hal perizinan mendirikan bangunan (IMB).

"Saya memberikan apresiasi pada pengembang di Kalimantan yang menyediakan 1000 rumah murahYang menggembirakan, minat masyarakat sangat besar hingga antri untuk mendapat rumah murahnyaDari kejadian ini bisa disimpulkan kalau pasar rumah murah sangat menjanjikan bagi pengembang," tandasnya(Esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kenaikan Tabungan Rumah PNS Terganjal Kementrian Lain


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler