Pemerkosa Ayam Jangan Dikucilkan

Selasa, 24 Desember 2013 – 09:35 WIB
AS (17) pemerkosa ratusan ayam dan belasan domba Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat itu rendah diri. Remaja yang terjerat kasus dugaan pemerkosaan dan rencana pembunuhan murid SD, Den (6) itu mengidap zoophilia. Foto ini diambil saat dia berbincang dengan kuasa hukumnya, Ramadaniel SD SH, Kamis (19/12) di ruang tunggu Pengadilan Negeri Tasikamalaya. Foto: YANA TARYANA / RADAR TASIKMALAYA/JPNN.com

jpnn.com - TASIK – Kasus dugaan pemerkosaan ratusan ayam oleh AS (17) di Cikalong, mendapatkan perhatian dari publik. Ketua Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Tasikmalaya KH Noer Tisnawan meminta masyarakat tidak mengucilkan remaja tersebut saat bebas nanti.

“Sebaiknya jangan mengucilkannya karena bisa-bisa kalau dikucilkan anak ini bisa lebih liar dari sebelumnya,” ujarnya saat dihubungi Radar Tasikmalaya (Grup JPNN) tadi malam.

BACA JUGA: Nenek jadi Bandar Ganja

Seharusnya, kata dia, masyarakat bisa memberikan pengertian tentang etika, moral dan norma-norma dalam kehidupan kepada remaja yang ditahan di Lapas Tasik itu.

KH Tisnawan pun mengatakan kasus pemerkosaan ayam harus menjadi perhatian semua pihak.

BACA JUGA: Gadis ABG Digilir Tukang Sate, Pedagang Ayam, dan Pemilik Kos

“Dari mulai keluarga, masyarakat, guru ngaji, harus ikut serta memperbaiki sifat anak tersebut,” pintanya. Terutama memperbaiki aspek keagamaan remaja yang ditahan gara-gara terjerat kasus pemerkosaan dan upaaya pembunuhan murid SD, Den (6) di Cikalong, Kabupaten Tasikmalaya tahun ini.

Kasus pemerkosaan ayam, kata KH Tisnawan, karena ada kelainan dari AS yang diakibatkan kurangnya perhatian dari keluarga. “Ini menurut saya kelainan. Seharusnya keluarga harus bisa mendeteksi lebih dini apabila ada kelainan-kelainan yang muncul dari anak-anaknya,” ujarnya.

BACA JUGA: Wanita Hamil Bawa Narkoba

Setelah mengetahui AS ada kelainan seks dan keluarga tidak bisa mengubah perilaku tersebut sebaiknya dikonultasikan dengan pihak yang lain yang lebih mengtetahui.

“Untung saja kasus ini bisa diketahui, karena bisa saja anak tersebut melakukan hal yang lebih dari pada itu. Kan awalnya dari ayam setelah agak dewasa beralih ke anak bisa saja nantinya ke orang dewasa,” cemasnya.

Diberitakan Radar sebelumnya (21/12), AS (17) menghuni kamar tahanan khusus anak Lapas Tasikmalaya. Pemuda yang tersangkut hukum akibat dugaan pemerkosaan dan upaya pembunuhan murid SD, Den (6) di Cikalong, Tasik ini mendiami kamar bersama 13 tahanan anak lainnya.

"Dia kami tempatkan di kamar tahanan khusus anak, karena kan dia baru berusia 17 tahun," ujar Asep Junaedi, kepala Pengamanan Lapas Kelas II Tasikmalaya saat ditemui di kantornya Jumat (20/11).

Menurutnya, sekitar dua bulan, AS mendiami lapas di Jalan Otista Kota Tasikmalaya ini. Selama di lapas, remaja asal Cikalong itu, kata Asep, berperilaku normal. “Tidak ada gangguan apa pun. Seperti tahanan lain aja, tapi dia pendiam orangnya," jelasnya.

Meski demikian, kepada Asep, AS memang mengaku malu, karena pemerkosaan ayam diketahui publik. "Mungkin karena kasusnya tidak lazim diolok-olok sama teman-temen lapasnya," ujarnya.

Tak hanya itu, AS pun curhat kepada AS. Dia bingung mau pulang kemana saat bebas nanti. "Katanya dia bingung kalau sudah bebas mau pulang kemana," ujarnya. (mg7)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ingkari Nabi Terakhir, Ditangkap


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler