Pemilihan Ketum ILUNI UI Diharapkan Jadi Inspirasi Bagi Pesta Demokrasi

Jumat, 29 Juli 2022 – 12:26 WIB
Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) berkomitmen menjadi contoh pemersatu seluruh potensi bangsa termasuk dalam proses Pemilu 2024. Foto: Dok ILUNI UI

jpnn.com, JAKARTA - Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) berkomitmen menjadi contoh pemersatu seluruh potensi bangsa termasuk dalam proses Pemilu 2024.

Oleh karena itu, Ketua UmumAndre Rahadian mendorong para calon Ketua Umum ILUNI UI periode 2022-2025 untuk meneruskan gerakan Kohesi Kebangsaan ILUNI UI yang telah diusung sejak 28 Oktober 2021 lalu.

BACA JUGA: 4 Tokoh Nasional Dianugerahi Gelar Anggota Kehormatan Iluni UI, Ada Prof. Wiku

Kohesi Kebangsaan ILUNI UI merupakan gerakan yang mengajak masyarakat, pemerintah, dan para pemangku kepentingan lainnya untuk mengedepankan persatuan.

"Kami pilih hal ini sebagai topik debat pertama yang akan dilanjutkan dengan jenis-jenis kampanye yang merefleksikan maksud dari terbangunnya kohesi tersebut,” kata Andre dalam keterangan yang diterima di Jakarta (29/7).

BACA JUGA: Cegah Polarisasi, Iluni UI Menekankan Pentingnya Kohesi Kebangsaan

Melalui gerakan ini, kata dia, ILUNI UI telah mempertemukan berbagai alumni UI yang berada dalam lembaga/kementrian maupun tokoh partai politik.

Puncaknya, para tokoh nasional alumni UI yakni Wakil Ketua MPR RI Rerie L. Moedidjat dan Arsul Sani, Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Budi Arie Setiadi, Anggota DPR RI dan Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno, Kepala Staf Presiden Partai Keadilan Sejahtera Pipin Sopian, Anggota DPR RI dan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon, Anggota DPR RI dan Wakil Ketua Umum Partai Golkar Nurul Arifin mendeklarasikan dukungan Kohesi Kebangsaan pada 11 Juni lalu.

BACA JUGA: ILUNI UI Sebut FIR Indonesia-Singapura Punya Banyak Manfaat

Andre berharap alumni calon Ketum ILUNI UI bisa membawa semangat persatuan meski tengah berkontestasi saat ini. Kandidat calon ketua pun sudah menandatangani kampanye damai.

Mereka juga berkomitmen mereka untuk menjalankan kampanye yang aman, tertib, damai, berintegritas, tanpa hoaks, dan politisasi SARA beberapa waktu lalu.

"Harapannya menjadi inspirasi untuk proses demokrasi negeri yang akan berlangsung di 2024. Saya melihat komitmen para kandidat untuk menggunakan teknologi dalam banyak kegiatan kealumnian di masa kepengurusan periode 2022-225,” ujarnya.

Adapun empat calon Ketua Umum ILUNI UI tersebut adalah Afdhal Aliasa, Ahmad Akbar, Didit Ratam, dan Gatot Prio Utomo, yang berasal dari berbagai latar belakang angkatan dan jurusan, serta profesi.

Keempat calon sudah melakukan debat yang digelar hybrid dan diputar live di kanal YouTube.

Teknologi Digital

Lebih lanjut, Andre menyoroti penggunaan teknologi digital antaralumni yang dapat dijadikan sebagi media pembangunan kohesi yang dimulai oleh para alumni.

Andre berpesan ILUNI UI sebagai organisasi harus bisa memanfaatkan kemajuan teknologi dan media sosial sebagai alat pemersatu, salah satunya UI Connect.

Alumni UI dari seluruh fakultas dan angkatan di manapun berada bisa makin dekat dan terhubung.

UI Connect juga akan digunakan pada pemilihan Ketum ILUNI UI periode 2022-2025 pada 27-28 Agustus mendatang.

Para alumni UI pengguna aktif UI Connect bisa memilih dengan sistem satu orang satu suara. Saat ini tercatat ada 161 ribu alumni di mana 46 ribu alumni tersebut adalah pengguna aktif platform jejaring alumni UI.

Platform UI Connect sejak 8 Juni 2022 juga sudah terdaftar sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik Domestik di dalam sistem OSS sesuai ketentuan Permenkominfo No.5 tahun 2020.

“Hal ini sangat pas buat dijalankan pada masa pandemi dan membantu kami dalam membangun jejaring tanpa batas wilayah dan waktu," tegas Andre. (mcr10/jpnn)


Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler