Pemudik Mulai Padati Pantura

Senin, 21 Juli 2014 – 08:24 WIB

jpnn.com - TEGAL - Memasuki H-8 Lebaran, jalur Pantura Kota Tegal mulai dipadati pemudik bersepeda motor ataupun mobil pribadi.

Dari pantauan Radar Tegal (Grup JPNN) di Posko Mudik Water Park, Minggu (20/7) siang, jumlah pemudik yang melintas sudah mencapai lebih dari 10 kendaraan permenit.

BACA JUGA: Imbas Jembatan Comal Ambles, Jalur Tengah Lumpuh

Rata-rata pemudik yang melintas berasal dari Jakarta dengan daerah tujuan sejumlah kota-kota di Jawa Tengah. Mereka (pemudik) kebanyakan beralasan mudik lebih awal untuk menghindari kemacetan

Seorang pemudik bersepeda motor yang sedang melepas lelah di area Water Park Kota Tegal, Iyan (29) mengatakan, dia bersama seorang temannya mulai tancap gas dari Jakarta, Sabtu (19/7) pukul 22.00. "Saya berangkat Sabtu malam jam 10-an," tuturnya sembari duduk melepaskan lelah.

BACA JUGA: SWM-Pasti Resmi Pimpin Talaud Mulai Hari Ini

Menurut dia sepanjang perjalanan dari Jakarta hingga Tegal kondisi jalur Pantura masih lancar. Hanya saja disejumlah titik kondisi jalannya rusak sehingga perlu berhati-hati. Dia beralasan mudik lebih cepat untuk menghindari kemacetan menjelang hari H Lebaran.

"Biasanya kalau sudah mepet Lebaran, jalanan macet, jadi pilih mudik lebih awal. Selain itu, tempat kerjanya juga sudah meliburkan karyawannya," tuturnya sembari mengatakan, daerah yang dituju Pati, Jawa Tengah.

BACA JUGA: Terima Gaji ke-13, Tambah Lagi THR Rp 750 Ribu

Hal sama diungkapkan pemudik dari Jakarta menuju Purwodadi, Jawa Tengah, Toni (34). Dia bersama istri dan satu anaknya pilih mudik lebih awal untuk menghindari kemacetan. "Sekolah mulai libur, jadi mendingan kami pulang lebih awal daripada nanti terjebak macet," jelas pria itu.

Dituturkan, perjalanan dari Jakarta hingga sampai Tegal sekitar 8 jam. Dia berangkat Sabtu malam pukul 21.00 sampai di Tegal sekitar pukul 10.00. Menurut dia, kondisi jalur Pantura yang paling parah di wilayah Bekasi.

"Jalannya rusak banget," ujarnya, sembari kembali membereskan barang bawaannya untuk kembali melanjutkan perjalanan.

Seorang pemudik pengguna mobil pribadi tujuan Solo, Jawa Tengah, Raharjo (37) menguraikan, kondisi jalur Pantura Jakarta-Tegal sudah mulai padat namun tidak ada macet. "Lancar sekali, tidak ada kemacetan sedikit pun dari Jakarta sampai sini (Tegal)," tuturnya.

Sama dengan pemudik lainnya, Raharjo mengatakan alasannya mudik lebih awal lantaran anak-anaknya sudah mulai libur. Selain itu, juga menghindari kemacetan yang kerap terjadi pada saat Lebaran sudah dekat.

Sementara itu, Kasi Menejemen Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kusnodo menuturkan, posko perhitungan jumlah kendaraan keluar masuk kota baru dimulai H-7 atau Senin (21/7). Karena itu, dia belum memiliki data jumlah kendaraan keluar masuk Kota Tegal.

"Hari ini (kemarin) kegiatannya pendistribusian rambu-rambu araus mudik dan pengalihan arus lalu lintas," katanya singkat. (adi)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Listrik Padam Saat Tarawih, Kantor PLN Diamuk Warga


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler