Pendaftaran CPNS 2023 & PPPK, Susanti Berpesan 1 Hal Ini Harus Diwaspadai

Selasa, 29 Agustus 2023 – 15:34 WIB
Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Babel Susanti. Foto: ANTARA/ Elza Elvia

jpnn.com - PANGKALPINANG – Jelang pendaftaran CPNS 2023 dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), seluruh calon pelamar termasuk tenaga honorer, harus mewaspadai aksi penipuan.

Pasalnya, pendaftaran CPNS dan PPPK selalu saja dijadikan momen bagi para penipu untuk membidik calon-calon korban.

BACA JUGA: Ada Kabar Baik dari Istana untuk Honorer Lulusan SMA, Seleksi PPPK Makin Mudah, Puji Tuhan!

Modus yang biasa dilakukan, para penipu mengaku bisa meluluskan seleksi CPNS dan PPPK, dengan syarat membayar sejumlah uang.

Agar tidak ada korban penipuan, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Babel Susanti mengingatkan para calon pelamar CPNS dan PPPK 2023.

BACA JUGA: RUU ASN Bukan Revisi, Penghapusan Honorer Molor 1 Tahun Lagi

"Hati-hati terhadap berbagai modus penipuan, penerimaan calon ASN sama sekali tidak ada pungutan biaya. Jangan mudah percaya dengan pihak-pihak yang bertanggung jawab, berita hoaks atau modus penipuan apa pun yang berkaitan dengan penerimaan calon ASN ini," kata Susanti di Pangkalpinang, Selasa (29/8).

Susanti mengatakan hal tersebut terkait rencana pembukaan pendaftaran penerimaan calon ASN yang akan dilakukan Pemprov Babel dalam waktu dekat.

BACA JUGA: Perkembangan RUU ASN Mengejutkan, Kesabaran Jutaan Honorer Diuji Lagi

Dijelaskan, seleksi penerimaan calon ASN Pemprov Babel pada tahun ini telah diatur melalui Surat Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor: 8229/B-KS.04.01/SD/K/2023 yang diterbitkan pada 21 Agustus 2023 perihal Jadwal Pelaksanaan Seleksi Calon ASN Tahun 2023.

Jadwal tahapan seleksi CPNS dan PPPK ditetapkan BKN selaku Panselnas CASN berdasarkan Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor: B/1871/M.SM.01.00/2023 tanggal 21 Agustus 2023 perihal Penyesuaian Jadwal Pelaksanaan Seleksi Calon ASN Tahun 2023.

"ASN terdiri atas dua unsur, yakni pegawai negeri sipil (PNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Pelaksanaan seleksi penerimaan calon ASN pada tahun ini untuk kementerian/lembaga dibuka formasi bagi PNS dan PPPK, sedangkan di provinsi hanya untuk PPPK," kata Susanti.

Dia mengatakan, adanya lowongan ASN 2023 merupakan kabar gembira bagi masyarakat yang ingin mengabdi sebagai aparatur sipil, sedangkan bagi Pemprov Babel bermanfaat untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Ini kesempatan baik bagi siapa saja yang berminat dan ingin mengabdi sebagai CPNS dan PPPK. Ini kesempatan menjadi PNS khusus untuk kementerian/lembaga bagi masyarakat mengabdi sebagai pegawai yang memberikan pelayanan kepada masyarakat," katanya.

Susantimengatakan bagi yang berminat agar dapat segera menyiapkan diri, mulai persiapan kelengkapan administrasi, pembelajaran, kesiapan mental, dan spiritual.

Informasi terkait penerimaan akan disampaikan melalui sejumlah kanal resmi milik pemerintah, antara lain website bkpsdmd.babelprov.go.id dan babelprov.go.id.

"Pengumuman dapat dilihat melalui akun media sosial instagram bkpsdmd.babel, rendapeg.bkpsdmdbabel, diskominfobabel, dan inradiofm.”

“Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi helpdesk (081818817772) agar lebih jelas dan menghindari terjadinya penipuan," katanya. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Soetomo Samsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler