Pendaftaran CPNS 2024 & PPPK Belum Jelas, Jalur Ini Sudah Tahap SKD

Kamis, 18 Juli 2024 – 07:23 WIB
Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas meninjau kesiapan pelaksanaan SKD CPNS 2024 jalur sekolah kedinasan, di Kantor Regional VI BKN Medan, Rabu (17/7). Foto: Humas KemenPAN-RB.

jpnn.com - MEDAN – Hingga saat ini Panselnas CASN belum mengumumkan jadwal pendaftaran CPNS 2024 jalur umum dan PPPK 2024 yang disediakan untuk non-ASN atau honorer.

Seleksi CPNS 2024 yang sudah berjalan baru untuk jalur sekolah kedinasan.

BACA JUGA: Menjelang Pendaftaran PPPK 2024, Nasib Guru Honorer Negeri Tidak Aman, Ada Buktinya

Pendaftaran CPNS 2024 jalur sekolah kedinasan sudah berlangsung sejak 15 Mei 2024 sampai 13 Juni 2024.

Seleksi CPNS 2024 jalur sekolah kedinasan sudah masuk tahapan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang mulai digelar pada hari ini, Kamis 18 Juli 2024.

BACA JUGA: Menjelang Pendaftaran CPNS & PPPK 2024, Nadiem Bertemu Anas

Terkait hal tersebut, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengunjungi Kantor Regional VI Badan Kepegawaian Negara (BKN) Medan, Rabu (17/7).

Kunjungan itu bertujuan memantau kesiapan SKD seleksi CPNS bagi sekolah kedinasan.

BACA JUGA: Menjelang Seleksi PPPK 2024, Ratusan Guru Honorer Diusir Halus, Cleansing Pembawa Maut

"Saya melihat persiapan seleksi sekolah kedinasan. Saya lihat persiapannya sudah sangat baik," kata Menteri Anas, dikutip dari keterangan resmi Humas KemenPAN-RB.

Anas didampingi Plt. Kepala BKN Haryomo Dwi Putranto dan Kepala Kanreg VI Medan Janry H.U.P Simanungkalit.

Pemerintah membuka alokasi CPNS melalui sekolah kedinasan sebanyak 3.445 formasi.

Adapun sekolah kedinasan yang diberikan alokasi formasi adalah Politeknik Keuangan Negara STAN 722 formasi, Insitut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) 721 formasi, Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) 400 formasi.

Selain itu, Politeknik Siber dan Sandi Negara 105 formasi, Politeknik Statistika STIS 355 formasi, Politeknik Ilmu Pemasyarakatan dan Politeknik Imigrasi 400 formasi, 22 sekolah kedinasan di bawah naungan Kementerian Perhubungan sebanyak 622 formasi, serta Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG) 120 formasi.

Menteri Anas menegaskan bahwa SKD CPNS tidak memungkinkan adanya celah kecurangan. Sistem Computer Assisted Test (CAT) bisa memantau nilai tes secara real time.

"Mudah-mudahan kita bisa jaga semua, dan pesan saya, tidak ada satupun orang yang bisa membantu kelulusan di tes CPNS tahun ini maupun yang akan datang," tegas Anas.

Dia juga berani memastikan tidak ada satu oknum pun yang bisa menjanjikan kelulusan.

Menteri Anas juga mengapresiasi jajaran BKN yang telah bekerja secara maksimal menyiapkan SKD ini. Terutama terkait keamanan dan kerahasiaan soal ujian, serta akuntabilitas dan transparansi nilai para peserta.

Menteri Anas berharap BKN bisa menjaga integritas dan kredibilitas. "Sehingga kepercayaan publik dan pemerintah kepada BKN bisa terus terjaga," kata Anas.

Sayangnya, tidak ada penjelasan kapan pendaftaran CPNS 2024 jalur umum akan dibuka.

Belum dipastikan juga kapan tanggal pendaftaran PPPK 2024 yang sudah ditunggu jutaan honorer akan dibuka. (sam/jpnn)


Redaktur & Reporter : Soetomo Samsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler