Pendaftaran CPNS Kemenag 2024 Dibuka 1 September, Ini Formasi yang Disiapkan

Minggu, 01 September 2024 – 14:02 WIB
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) membuka pendaftaran CPNS 2024.

Pendaftaran seleksi CPNS Kemenag 2024 dibuka mulai 1-14 September.

BACA JUGA: CPNS 2024, UNG Buka Formasi Tendik dan Dosen

Total ada 20.772 formasi yang tersedia, yang 5.915 di antaranya bisa diikuti lulusan Ma'had Aly.

"Kami berkomitmen memberikan akses santri Ma'had Aly untuk bisa ikut seleksi CPNS Kemenag. Ini adalah kali pertama dilakukan," ujar Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (1/9).

BACA JUGA: Data Terbaru Jumlah Pelamar CPNS 2024, Pemda Menunggu Kepastian PPPK Paruh Waktu

Yaqut mengatakan selain untuk lulusan Ma'had Aly, Kemenag juga memberi akses bagi penyandang disabilitas, putra/putri Papua, dan putra/putri Kalimantan untuk ditempatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Ada juga formasi bagi lulusan terbaik atau cumlaude. "Seleksi CPNS ini kita desain untuk Kemenag yang ramah disabilitas dan mendukung kemajuan IKN," ungkap Yaqut.

BACA JUGA: Pemprov Tidak Membuka Seleksi PPPK 2024, Honorer Boleh Daftar CPNS di Instansi Lain

Sekretaris Jenderal Kemenag Ali Ramdhani memerinci formasi yang disiapkan bagi luulusan Ma'had Aly.

Sebanyak 3.714 adalah formasi Penghulu, 1.398 formasi Penyuluh Agama Islam, 12 Guru Ilmu Tafsir, 686 Pengawas Jaminan Produk Halal (PJPH), 71 Pentasih Al-Qur'an, dan 34 formasi Pengembang Tafsir Al-Qur'an.

"Kami juga siapkan 418 formasi disabilitas, 559 formasi untuk putra dan putri Papua, 1.040 formasi bagi putra dan putri Kalimantan, serta 138 formasi bagi lulusan terbaik atau cum laude," kata dia.

Peserta bisa mendaftar secara online dengan membuat akun melalui laman https://sscasn.bkn.go.id.

Kepala Biro Kepegawaian Setjen Kemenag Wawan Djunedi menambahkan formasi lulusan terbaik, diperuntukkan bagi pelamar yang merupakan lulusan berpredikat cumlaude dengan jenjang pendidikan paling rendah Sarjana (S-1), tidak termasuk Diploma Empat (D-IV), dari perguruan tinggi dalam negeri terakreditasi A/Unggul dan Program Studi terakreditasi A/Unggul pada saat kelulusan.

"Formasi ini diperuntukkan juga bagi lulusan perguruan tinggi luar negeri setelah memperoleh penyetaraan ijazah dan surat keterangan yang menyatakan predikat kelulusannya setara 'dengan pujian' /cumlaude dari kementerian terkait," ujar Wawan.

Wawan menambahkan untuk formasi penyandang disabilitas, disiapkan dengan ketentuan pelamar berkebutuhan khusus yang mengalami keterbatasan fisik yang dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter rumah sakit pemerintah/puskesmas yang menerangkan jenis dan derajat kedisabilitasannya.

"Disertakan juga video singkat yang menunjukkan kegiatan sehari-hari pelamar dalam menjalankan aktivitas sesuai jabatan yang akan dilamar," ujar Wawan.

Formasi putra/putri Papua mensyaratkan pelamar merupakan keturunan Papua berdasarkan garis keturunan bapak dan/atau ibu asli Papua. Ini harus dibuktikan dengan akta kelahiran atau surat keterangan lahir dan surat keterangan dari kepala desa/kepala suku.

Untuk formasi putra/putri Kalimantan, ada ketentuan bahwa pelamar diperuntukan bagi kebutuhan yang akan ditempatkan di IKN yang dibuktikan dengan kartu tanda penduduk di kabupaten/kota Kalimantan pada saat pembuatan akun di SSCASN.

"Usia pelamar seleksi CPNS Kemenang paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 35 tahun pada saat melamar. Khusus untuk formasi dosen dengan kualifikasi pendidikan Strata Tiga (S-3/Doktor) usia paling tinggi 40 (empat puluh) tahun pada saat melamar," kata Wawan. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler