Pendaftaran PPDB Jalur Zonasi: Ortu Menginap, Salat Berjemaah di Trotoar Sekolah

Selasa, 18 Juni 2019 – 19:47 WIB
Antre pendaftaran PPDB 2019 jalur zonasi, beberapa orangtua calon siswa salat Subuh berjemaah di trotoar depan SMPN 2 Purworejo, Senin (17/6). Foto: Budi Agung/Radar Jogja

jpnn.com - Puluhan orangtua calon siswa antre untuk mendaftarkan anaknya pada PPDB (penerimaan peserta didik baru) jalur zonasi di SMPN 2 Purworejo, Jateng, sejak Minggu petang (16/6).

BUDI AGUNG, Purworejo

BACA JUGA: PPDB SD Hanya Dua Jalur, Mendikbud: Tidak Boleh Ada Tes Calistung

SMPN 2 Purworejo banyak melahirkan tokoh. Tidak sedikit lulusan sekolah yang terletak di Jalan Ahmad Yani itu menjadi birokrat di pemerintah pusat dan Pemprov Jawa Tengah. Mayoritas pejabat di lingkungan Pemkab Purworejo juga pernah mengenyam pendidikan di sana.

Soal prestasi, SMPN 2 Purworejo juga kerap menorehkan tinta emas. Baik di tingkat kabupaten, provinsi, dan nasional. Jadi, antrean panjang orangtua calon siswa (casis) sejak Minggu petang (16/6) di sekitar SMPN 2 Purworejo cukup rasional.

BACA JUGA: Kemendikbud Klaim PPDB 2019 Masih Aman – aman Saja

Ya, puluhan orang tua casis mengantre di SMPN 2 Purworejo. Sehari sebelum pendaftaran peserta didik baru (PPDB) dibuka kemarin (17/6). Area di sekitar sekolah yang terletak di jalan utama menuju Alun-Alun Purworejo itu pun sejak Minggu petang menjadi pusat keramaian baru.

”Saya kira mereka hanya ingin melihat pengumuman PPDB,” tutur Nicolaus Legowo, seorang warga yang tinggal tak jauh dari SMPN 2 Purworejo menceritakan fenomena keramaian di sekitar rumahnya.

BACA JUGA: 8 Poin Catatan dari Indra seputar PPDB 2019 Sistem Zonasi

BACA JUGA: Pendaftaran PPDB 2019 Sistem Zonasi: Wajib Teken Surat Pernyataan Siap Diproses Hukum

Legowo beberapa jam kemudian akhirnya ikut bergabung mengantre bersama mereka. Tepatnya mulai pukul 21.00 Minggu (16/6). Setelah mengetahui bahwa deretan orang yang mengantre itu ingin mendaftarkan anak-anak mereka.

”Kalau sore hari sampai malam yang ikut antre ibu-ibu. Mulai jam 9 malam baru gantian bapak-bapaknya,” tutur Legowo yang ingin mendaftarkan anak keduanya bernama Samuel Bintang Anjung Nagar itu.

Di tempat itu, keakraban antarorangtua casis terjalin begitu saja. Logistik untuk menemani malam datang silih berganti. Keluarga mengirim kebutuhan makanan dan minuman mereka dari rumah.

”Asyik juga. Karena ada yang membawa tikar dan makanan. Makanan yang datang pun disantap bersama,” ucapnya.

Agar berjalan tertib, para orangtua casis yang telah berkumpul di sekitar sekolah ini berinisiatif membuat nomor urut. Mereka juga membuat kebijakan khusus. Bagi yang meninggalkan lokasi lebih dari satu jam, nomor urut akan diberikan kepada yang berada di belakangnya.

Jadi, mereka bertahan hingga berjam-jam di sekitar sekolah. Bahkan, saat memasuki waktu Subuh, mereka sepakat menggelar shlat berjamaah di tempat tersebut. Persisnya di trotoar jalan.

”Suasananya benar-benar menarik dan kita semua memang tengah mengikhtiarkan anak-anak kita,” tuturnya bangga.

Banyak hal yang bisa dipetik dari perjuangan para orangtua itu. Legowo setidaknya ingin agar anaknya tahu jika orangtua tidak setengah-setengah dalam memberikan yang terbaik bagi anaknya. Dengan begitu, anak akan berpikir berkali-kali jika bertindak negatif.

”Ini adalah kesempatan kita. Untuk meraih kesempatan itu harus diperjuangkan semaksimal mungkin," katanya.

Daryanto, guru di SMPN 2 Purworejo tidak menampik sebagian orang tua casis bermalam di sekitar sekolah. Namun, sekolah tidak bisa memberikan tempat secara khusus.

”Semua atas kehendak orangtua. Kami tidak bisa melarang. Sampai membuat nomor urut segala,” katanya.

BACA JUGA: Pendaftaran PPDB 2019 Jalur Zonasi: Tidak Punya KK, Jangan Risau

Dia berpendapat orangtua tidak perlu mengantre hingga bermalam. Toh, sekolah telah menerapkan kebijakan zonasi dan sistem online. Di luar zona utama, casis yang masuk zona 1 berpeluang diterima. Apalagi jika calon siswa memiliki nilai tinggi.

”Tampaknya ada orangtua yang anak-anaknya bernilai tinggi tetap ikut antre. Padahal tanpa masuk ke zona utama pun bisa diterima selama mereka berada di zona 1,” tambahnya.

Menurutnya, fenomena itu akibat orangtua tidak mengantongi informasi PPDB secara komplet. (zam)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Reni: PPDB Sistem Zonasi Ibarat Menggaruk Sesuatu yang tak Gatal


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler