Pendemo Bentrok, Bupati Sembunyi di Bawah Meja

Selasa, 24 Mei 2011 – 15:23 WIB

SIANTAR - Puluhan massa yang tergabung dalam Persatuan Pemuda Peduli Labuhan Batu bentrok dengan Satpol PP di kantor Bupati Labuhan BatuSementara pengunjuk rasa mengaku melihat Bupati Labuhan Batu dr Tigor Panusunan Siregar sembunyi di bawah meja saat pengunjuk rasa dan petugas Satpol PP bentrok.

Para pengunjuk rasa berusaha masuk ke kantor bupati

BACA JUGA: Hanura Beri Sinyal Dukung Atut

Namun oleh Satpol PP aksi pengunjuk rasa dihadang
Akhirnya, dalam aksi kemarin itu, terjadi aksi saling dorong antara pengunjuk rasa dengan Satpol PP

BACA JUGA: Jaksa akan Periksa 32 Kepala SD

Saat terjadi aksi saling dorong, tiba-tiba salah seorang pengunjuk rasa mengaku ditendang oleh Satpol PP.

Mendengar teriakkan kesakitan temannya, para pengunjuk rasa jadi beringas dan terjadilah aksi saling pukul antara pengunjuk rasa dengan Satpol PP
Puluhan massa yang emosi berhasil mendobrak pertahanan Satpol PP.

“Siapa yang menendang teman kami tadi

BACA JUGA: DPRD Langkat Harus Kembalikan Uang Reses Rp1,3 M

Kami akan cari pelakunya,” ucap para pengunjuk rasa, seperti diberitakan Metro Siantar (Grup JPNN).
Pantauan METRO aksi yang menuntut penuntasan kasus kecelakaan kerja karyawan salah satu perusahaan di Rantauprapat itu mulanya berlangsung damaiMassa menuntut kepada bupati untuk mencopot Kepala Dinas Tenaga Kerja Darpinsyah Siregar.

Pasalnya massa berpendapat, setelah unjuk rasa mereka tanggal 9 Mei lalu, Darpinsyah tidak mampu menyelesaikan kasus kecelakaan tenaga kerja yang dialami Dedek Ismunandar yang telah tiga tahun mengalami kecelakaan kerja di perusahaan tempatnya bekerjaDalam aksi itu massa meminta Bupati Labuhan Batu Tigor Panusunan Siregar untuk bertemu dengan mereka.

“Mana bupati kalian, suruh bupati kalian keluar, kami mau membicarakan hak–hak kamiJika bupati tidak keluar berarti bupati sengaja mau membentrokan kami dengan satpol PP,” kata koordinator sekaligus orator aksi Ahmad Efendi Harahap.

Namun setelah lama menunggu, Tigor tidak juga menemui merekHingga massa mencoba mendobrak pagar betis pengamanan Satpol PP yang telah berjaga-jaga di halaman kantor bupatiSambil berteriak massa mengecam bupati yang enggan menemui mereka.

“Woi bupati jangan kau berondok di bawah meja, tau kami kau masih di dalamCepat kau ke luarWaktu lalu kami datang kau malah kabur dari pintu belakang,” teriak massa.

Keributan tidak hanya reda sampai disitu, Dedek Ismunandar pekerja yang merasa terjolimi yang ikut dalam rombongan massa akhirnya mengambil jalan memutar untuk menerobos masuk kedalam kantor bupati, sambil berteriak –teriak di ruang lobi, hingga aksinya itu juga diikuti oleh beberapa pendemo lainya yang berujung kembali terjadi keributan.

Saat ruang lobi diterobos masuk pendemo aksi saling tarik dan pukul juga terjadi, aksi ini kemudian reda ketika sejumlah petugas kepolisian langsung mengamankan pendemo yang menerobos masuk tersebut dengan membawanya kembali ke halaman kantor Bupati.

Akhirnya setelah terjadinya bentrokan tersebut, Saiful SP Kasatpol PP Labuhan Batu datang menemui pendemo untuk meminta beberapa delegasi agar masuk ke ruangan Wakil Bupati Suhari Pane untuk menyampaikan aspirasi mereka.

Kasatpol PP Saiful SP ketika ditanya mengapa tidak bupati yang langsung menemui delegasi massa mengatakan bahwa bupati sedang berada di luar untuk urusan kedinasan“Bupati sedang dinas keluar,” kata Saiful.

Sementara ketika ditanya tudingan massa kalau bupati ketika demo berlangsung tengah bersembunyi di bawah meja, Saiful membantah tudingan tersebut“Yang saya tahu pak bupati sedang ada dinas luar makanya pak wakil yang menerima,” jawabnya.

Namun keterangan terbalik ternyata dilontarkan sejumlah staf kantor bupati yang menyebutkan kalau Bupati Labuhan Batu Tigor Panusunan Siregar berada di ruang kerjanya ketika demo berlangsungApalagi sesaat sebelum demo digelar bupati masih memimpin rapat dengan sejumlah Kepala SKPD di ruang rapatnya

Dugaan itu juga dikuatkan dengan masih terlihatnya sopir Bupati yang terlihat mondar–mandir ketika demo berlangsungSedangkan di papan nama di depan pintu ruang kerja bupati tertulis bupati ada.

Sementara itu Wakil Bupati Labuhan Batu Suhari Pane yang menerima delegasi pengunjuk rasa mengatakan akan merespon tuntutan pendemo dengan menindak lanjuti persoalan kasus kecelakaan kerja yang menimpa Dedek Ismunandar.

Bahkan Wabup berjanji akan mengerahkan sedaya upaya yang dimiliki pemkab dalam penyelesaian kasus ini, serta akan merunut kembali dari awal kasus kecelakaan kerja yang telah menimpa Dedek(riz/syaf)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dua Kabupaten Dikepung Banjir


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler