Pendiri Amazon Akuisisi Washington Post

Rabu, 07 Agustus 2013 – 13:30 WIB
Pendiri dan CEO situs jual beli online Amazon.com, Jeff Bezos. FOTO: businessinsider.com

jpnn.com - WASHINGTON - Pendiri dan CEO situs jual beli online Amazon.com, Jeff Bezos, mengakuisisi surat kabar Washington Post seharga USD 250 juta atau sekira Rp 2,5 triliun.

Termasuk rincian dari kesepakatan ini, mencakup pengendalian atas Washington Post dan beberapa media publikasi afiliasinya, termasuk El Tiempo Latino, surat kabar Express dan koran The Gazette.

BACA JUGA: Film Kartun Pakistan Burka Avenger Siap Mengglobal

Laman businessinsider menyebutkan, kesepakatan itu dibuat secara pribadi oleh Bezos dan tidak melibatkan Amazon. Sebelumnya Washington Post dimiliki Keluarga Graham selama empat generasi.

"Koran ini bisa selamat di bawah kepemilikan perusahaan dan telah menguntungkan di masa mendatang. Tapi kami ingin melakukan lebih dari bertahan. Saya tidak memberikan jaminan kesuksesan tetapi memberi  kesempatan lebih besar untuk sukses," kata Donald Graham dalam sebuah wawancara dengan Washington Post.

BACA JUGA: Ilmuwan Belanda Bikin Burger Seharga Rp 3 Miliar

Dalam sebuah surat kepada karyawan, Bezos mengatakan ia tidak akan memimpin Washington Post sehari-hari namun tetap menyerahkan kepemimpinan kepada manajemen yang telah ada selama ini.

"Kami memasuki era baru dan merangkul masa depan yang menarik," ujar  Katherine Weymouth, penerbit dan CEO dari Washington Post.

BACA JUGA: Filipina Sambut Kapal Perang AS

Meski melakukan akusisi atas surat kabar ini, kesepakatan Bezos tidak termasuk aset non-publikasi Washington Post Company seperti Kaplan, Newsweek dan cable ONE. Juga tidak termasuk publikasi tertentu, seperti Slate magazine, TheRoot.com and Foreign Policy.

The Washington Post Company akan mengubah namanya dan melanjutkan sebagai perusahaan publik yang diperdagangkan di bawah nama lain.

Amazon merupakan perusahaan pengecer internet terbesar di dunia, dan melaporkan penjualan senilai USD 6,1 miliar pada 2012. Hal ini telah menghasilkan kekayaan pribadi yang besar bagi pendirinya dimana menurut Forbes kekayaan Bezos saat ini bernilai sekira USD 25,2 miliar, dan membuatnya menjadi orang terkaya ke-19 di dunia. (esy/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pendiri Facebook Minta Amerika Mereformasi Imigrasi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler