Penerbangan Perdana Calon Jemaah Haji Dimajukan Sehari

Senin, 24 Juni 2019 – 06:46 WIB
Calon jemaah haji Indonesia. Foto/ilustrasi: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Penerbangan perdana calon jemaah haji (CJH) asal Indonesia yang semula dijadwalkan 7 Juli, dimajukan sehari menjadi 6 Juli.

Informasi terebut disampaikan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Nizar saat mengikuti kegiatan rapat koordinasi (rakor) kesiapan penyelenggaraan ibadah haji di Jogjakarta, Sabtu (22/6).

BACA JUGA: Hamdalah, Sebanyak 39 Ribu Calon Jemaah Haji Jawa Barat Berangkat Tahun ini

Dia menyampaikan bahwa slot time penerbangan baru mendapatkan pesetujuan dari otoritas penerbangan Arab Saudi (General Authority of Civil Aviation/GACA).

’’Karena slot time penerbangan mengalami perubahan, maka pemberangkatan haji maju satu hari menjadi 6 Juli,’’ tutur Drektur Pelyanan Haji Dalam Negeri Kemenag Muhajirin Yanis.

BACA JUGA: Nenek Berusia 107 Tahun Ikut Daftar Calon Jemaah Haji

Dimajukannya jadwal pemberangkatan CJH ini sudah diantisipasi dengan perubahan jadwal pemberangkatan personel petugas haji.

BACA JUGA: Pak Dokter Cerita, Nilai UN Anaknya Rata – rata 92,5, Gagal PPDB Jalur Zonasi

BACA JUGA: Makanan Khas Daerah Bakal Jadi Menu Utama Jemaah Haji

Perubahan jadwal pemberangkatan petugas dikhususkan untuk personel daerah kerja (daker) Madinah dan bandara. Semula petugas panitia penyelenggara ibadah haji (PPIH) di dua daker tersebut diberangkatkan pada 4 Juli. Tetapi kemudian dimajukan menjadi 2 Juli.

Muhajirin menjelaskan pemberangkatan petugas PPIH dimajukan bertujuan untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Menurut dia lebih awal mereka sampai di Arab Saudi, maka persiapannya bisa lebih baik. Penyiapan segala sesuatunya menjadi tidak terburu-buru.

Selain urusan pemberangkatan jamaah, proses pengurusan dokumen haji juga menjadi perhatian serius. Mulai dari proses pengiriman dokumen paspor dari daerah ke kantor Kemenag pusat, hingga pengurusan visa haji. Dia menuturkan bahwa proses pengurusan visa haji berbasis elektronik (e-visa) sudah dimulai Kamis malam (20/6) waktu Indonesia.

BACA JUGA: Mama Pusing karena Anak Gagal PPDB Zonasi, Banyak Swasta Tutup Pendaftaran

Sementara itu Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis menyampaikan layanan akomodasi, transportai, dan konsumsi jamaah di Arab Saudi sudah siap. Dia menyampaikan bahwa layanan jamaah di Arafah, Muzdalifah, dan Mina mengalami peningkatan.

Yakni adanya AC di tenda haji di Arafah. Selain itu jamaah yang tiba di Arafah pada siang hari mendapatkan makan siang. (wan)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tiga Ketentuan Tanda Koper dan Bagasi Jemaah Haji


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler