Pengamanan Ketat di Ellis Park

Selasa, 08 Juni 2010 – 04:51 WIB
PINTU - Sebelum membeli tiket di pintu masuk stadion Ellis Park, para penonton bakal dicek dulu barang bawaannya. Foto: Yuyung Abdi/Jawa Pos.

JOHANNESBURG - Selain stadion utama Soccer City, tempat pertandingan lain di Johannesburg adalah Stadion Ellis ParkMeski bukan stadion utama, namun Ellis Park sudah sangat siap

BACA JUGA: Pikir Playoff, Bukan Tanding Ulang

Bahkan, setidaknya sejak kemarin, pengamanan di stadion berusia 18 tahun itu sangat ketat.

Sejak memasuki Joe Slovo Drive, jalan utama menuju Ellis Park, sudah ada polisi yang menggelar razia pada mobil-mobil yang lewat
Namun, tidak semua mobil diberhentikan

BACA JUGA: Lebih Untung Jual Bendera

Sasaran utamanya adalah pemuda
Kenapa pemuda? Sebab, dalam asumsi polisi, pemuda Afsel erat kaitannya dengan mabuk-mabukan dan narkoba.

Polisi Afsel memang getol menggelar razia menyongsong Piala Dunia, khususnya di sembilan kota host even empat tahunan itu

BACA JUGA: Hanya Peringatan dari PSSI

Razia bahkan bisa digelar setiap jam di berbagai tempat yang tidak terduga.

Mendekati stadion, semua kendaraan distopSecurity perempuan berpakaian serba hitam, termasuk jaketnya, meminta kendaraan parkir di Central Johannesburg College (CJC), sebuah kampus di dekat Ellis ParkCJC nantinya akan dipakai sebagai parkir resmi Piala Dunia.

"Anda dari media? Anda harus parkir di sini dan berjalan kaki menuju stadionSaya akan memanggil petugas keamanan stadion untuk mengantarkan Anda," kata Cleopatra S Zondi, petugas security tersebut.

Jarak tempat parkir di CJC hingga depan stadion sekitar 500 meterSeorang petugas keamanan memandu setiap pengunjung yang berizin menuju stadion.

Hanya seratus meter dari tempat parkir, sudah merupakan ring pertama, akses awal stadionAda lima ring yang mengitari Ellis ParkSetiap ring terdiri atas delapan jalur di sisi kiri jalan dan enam jalur di sisi kanan.

"Di ring pertama, para calon penonton akan menjalani pemeriksaan ketat dengan metal detectorSetiap ring nantinya akan dijaga 15 sampai 20 petugas," kata Given Manganye, security yang direkrut selama Piala Dunia.

Setelah dari ring satu, terdapat bangunan permanen tempat pemeriksaan tiketAda tiga sampai empat tempat pemeriksaan tiket di setiap gateDi Ellis Park terdapat empat gate yang disesuaikan dengan arah mata anginGate utama ada di sisi barat.

Setiap gate terdiri atas 32 jalur masuk lengkap dengan sensor tiketDi tengahnya ada pintu lebar untuk akses kendaraan, termasuk bus tim"Petugas akan banyak ditempatkan di siniBisa sampai 50 petugas," kata Manganye.

Siapa pun yang tidak berkepentingan tidak diperbolehkan masuk stadionSeorang petugas dari FIFA melarang siapa saja yang mendekati stadion"Saya tahu Anda punya ID card resmiTapi, hari ini tengah dilakukan screening oleh FIFAAnda baru bisa masuk ke sini besok," kata petugas FIFA yang di badge namanya tertulis Avram Elliot itu.

Ellis Park bersebelahan dengan Stadion Johannesburg yang tidak dipakai sebagai venue Piala DuniaKedua stadion hanya dipisahkan taman (Ellis Park)Taman Ellis terlihat bersih, terawat dan tertata rapiDi tengahnya berdiri patung dengan bentuk dua anak kecil yang sedang memancingPondasinya berbentuk semacam anyaman bercat silver.

Air mancur sepanjang 100 meter ikut menghiasi Taman EllisSetiap sore, taman itu digunakan untuk aktivitas warga, umumnya mahasiswaAda yang sekadar jalan-jalan, kongkow, pacaran, atau bermain roller bladeAda pula lapangan tenis di selatan taman dan deretan gazebo di sisi timur.

"Saya tidak terlalu suka nonton sepakbolaKalaupun saya ke Ellis Park, saya banyak menghabiskan waktu bermain roller blade," ucap Kurt Hammonds, mahasiswa asal Australia, yang asyik bermain roller blade bersama teman-temannya(dns/cfu)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Persiapan Lawan Persebaya Mandek


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler