Pengangguran di Batam Lebih 6 Ribu Orang

Sabtu, 10 Desember 2011 – 11:27 WIB

BATAM KOTA - Di akhir tahun 2011 ini jumlah pencari kerja di Kota Batam terus meningkatSaat ini jumlah pencari kerja yang terdaftar di Kota Batam lebih dari 6 ribu orang

BACA JUGA: Biaya Pelabuhan Sampit Terlalu Tinggi

Ini mengindikasikan bahwa jumlah pengangguran di Kota Batam masih tinggi.

Luhut Marbun, Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja Disnaker Kota Batam mengatakan banyaknya jumlah angka pencari kerja di Batam ini karena sebagian besar para pencari kerja tidak memiliki keahlian
Selain itu saat ini masih banyak perusahaan yang tidak membuka lowongan pekerjaan.

"Yang terdaftar sebagai pencari tenaga kerja di Disnaker itu lebih dari 6 ribu orang

BACA JUGA: Chevron Pembayar Pajak Terbesar di Riau

Artinya jumlah pengangguran lebih dari jumlah itu
Karena banyak pengangguran saat ini yang tidak terdaftar

BACA JUGA: Polda NTT Amankan 54 Imigran

Banyak pencari kerja yang hanya bermodalkan ijazah tanpa memiliki keahlian," katanya.

Sebagian besar pencari kerja di Kota Batam berasal dari lulusan SMA sederajatSementara sisanya berasal dari D1,D3, dan sarjanaSementara pencari kerja untuk lulusan SLTP dan SD saat ini sangat sedikit.

Jumlah pencari kerja ini menurut Luhut Marbun kemungkinan akan bertambahHal ini dikarenakan sebentar lagi akan terjadi mudik untuk merayakan hari Natal bagi umat KristianiKondisi ini hampir sama saat bulan Ramadhan di mana jumlah pengangguran di Kota Batam naik drastis setelah bulan Ramadhan.

"Biasanya kalau ada yang mudik ke kampung, pasti orang tersebut membawa kerabat untuk mencari kerja di BatamSama seperti saat lebaran bulan lalu, jumlah pencari kerja meningkat drastisYa saya berharap bagi siapa pun orangnya yang mudik untuk tidak membawa kerabatnya ke Batam, apalagi kalau tidak memiliki keahlian,"ujar Luhut.

Luhut Marbun juga berharap kepada para pencari kerja di Batam untuk memasuki kursus ketrampilan atau bidang keahlian sehingga para pencaker ini benar-benar siap  untuk dipekerjakan.

"Kalau sudah punya bidang keahlian, yakinlah tidak akan sulit cari kerjaIni banyak yang hanya bermodalkan ijazahKalau ada kursus masuki saja dulu baru kerja,"katanya(cr15)

BACA ARTIKEL LAINNYA... BMKG: Riau Waspadai Cuaca Ekstrim


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler