Pengganti Mbah Marijan, Ditunjuk setelah 40 Hari

Jumat, 29 Oktober 2010 – 06:06 WIB

JOGJA - Keraton Jogja memastikan penggantian juru kunci Gunung Merapi Mas Penewu Suraksohargo atau Mbah Marijan tidak akan membutuhkan waktu terlalu lamaPengganti Mbah Marijan akan ditunjuk satu hingga dua bulan ke depan.
 
"Biasanya setelah masa berkabung 40 hari," ujar Pengageng Kawedanan Hageng Punakawan Keraton Jogja GBPH Prabukusumo kemarin (28/10)

BACA JUGA: Merapi Masih Erupsi, Warga Enggan Mengungsi

Meski demikian, Prabukusumo mengatakan bahwa calon pengganti Mbah Marijan belum diputuskan
Berdasar tradisi, pengganti juru kunci Merapi bisa berasal dari berbagai kalangan

BACA JUGA: Pairin-Mustofa Pimpin Lampung Tengah

Misalnya, wakil Mbah Marijan sebagai juru kunci, anak atau kerabat Mbah Marijan, atau warga yang tinggal di lereng Merapi.
 
"Semua bisa dipertimbangkan," terang ketua DPD Partai Demokrat DIJ itu
Pengisian jabatan juru kunci Merapi selanjutnya akan ditangani Pengageng Kawedanan Hageng Panitrapura yang dipimpin GBPH Joyokusumo

BACA JUGA: Besok Korban Kecelakaan Pesawat Polri Tiba Di Jakarta

Panitrapura merupakan lembaga semacam sekretariat negara (Setneg) keraton"Dimas Joyo nanti yang mengurusi," terangnya.
 
Selanjutnya, usul dari Panitrapura akan diajukan ke Sultan Hamengku Buwono X"Keputusan tetap berada di tangan Ngarso Dalem (HB X)," papar pangeran yang saat muda bernama BRM Harumanto itu.
 
Dalam kesempatan tersebut, Prabukusumo menyatakan tak hafal siapa saja dan berapa jumlah abdi dalem keraton yang menjadi juru kunciTermasuk abdi dalem yang menjadi wakil Mbah Marijan menjadi juru kunci"Wah, persisnya saya nggak begitu hafal," katanya.
 
Lebih lanjut dikatakan, keraton memiliki banyak abdi dalem yang bertugas sebagai juru kunciLokasi yang dijaga juru kunci meliputi makam kerabat keraton dan petilasanContohnya, makam raja-raja Imogiri dan Kotagede, makam Girilaya, makam Banyusumurup, dan beberapa makam lelulur keraton lainnya"Gunung Merapi termasuk jenis petilasan," ucap Prabukusumo.
 
Petilasan lain yang dilengkapi juru kunci adalah Pantai Parangkusumo, Dlepih Wonogiri, dan  Gunung LawuSoal penunjukan pengganti Mbah Marijan, Sultan HB X menyatakan tak ingin tergesa-gesa"Setelah situasinya tenangAda prosesnya," ungkap raja yang naik tahta pada Maret 1989 itu.
 
HB X mengungkapkan, tugas utama juru kunci Merapi, antara lain, memimpin upacara labuhan dalam rangka memperingati ulang tahun kenaikan takhta seorang sultan(kus/jpnn/c4/kum)

BACA ARTIKEL LAINNYA... DPRD Adukan Mantan Bupati Halsel ke KPK


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler