Pengumuman! Blanko E-KTP Sudah Habis

Jumat, 22 Juli 2016 – 15:14 WIB
Ilustrasi. Foto: Indopos

jpnn.com - TANJUNG REDEB – Warga Berau yang ingin membuat KTP elektronik alias e-KTP harus gigit jari. Sebab, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Berau menghentikan sementara pencetakan e-KTP sejak Senin (18/7).

Kebijakan itu diambil karena blanko KTP-el sedang kosong. Kepala Disdukcapil Berau Fredy Suryadie mengatakan kekosongan sudah terjadi dua kali sepanjang tahun ini.

BACA JUGA: Kisah Suami Yang Hobi Menikah, Sering Menipu Istri

Yang pertama terjadi sebelum Idulfitri. “Kebetulan ada dirjen kunjungan ke Balikpapan pada 1 Juli, jadi kami ambil ke sana dua kotak,” ujar Fredy, Rabu (20/7) kemarin.

Dia menambahkan, blanko yang diambil di Balikpapan berisi sekitar 800-900 lembar. Kemudian digunakan pada hari pertama kerja setelah libur Idulfitri atau cuti bersama, Senin (11/7). Namun, jumlah itu hanya cukup digunakan hingga 16 Juli.

BACA JUGA: Maling Tertangkap, Ditelanjangi, Dihajar Sampai Bonyok

Dia mengaku sudah meminta kembali blanko ke pusat. Namun, jumlah blanko yang datang tidak akan banyak, hanya sekitar 4.000-5.000 lembar. Padahal, kebutuhan Disdukcapil setiap bulannya rata-rata sekitar 2.000-3.000 lembar.

“Tidak banyak seperti biasanya, karena di pusat juga tinggal sedikit. Pengadaannya menunggu proses lelang pada Agustus, setelah itu baru normal kembali,” tambah Fredy.

BACA JUGA: Sontoloyo! Penjaga Lapas Ini Malah Jadi Kurir Narkoba

Saat ini, staf Disdukcapil sudah bertolak ke Jakarta untuk mengambil blanko KTP-el. Pasalnya, blanko tersebut tak bisa dikirim melalui jasa pengiriman alias harus diambil sendiri. Menurut Fredy, proses pencetakan bisa dilanjutkan Senin (25/7). (app/udi/kpnn/ica/k11)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Wah.. Wah.. Bu Guru Ini Punya Utang Miliaran


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler