Pengusaha Korea Bantu Korban Gempa Sumbar

Selasa, 13 Oktober 2009 – 22:30 WIB
JAKARTA - Tragedi memilukan yang dialami masyarakat Sumtara Barat paska gempa bumi seolah menjadi duka pula bagi dunia internasionalBantuan berdatangan tak hanya dari Amerika Serikat, Eropa, maupun Australia.

Bahkan Korea Selatan pun tak ketinggalan untuk ikut meringankan beban penderitaan para korban gempa

BACA JUGA: Usul, Buat KTP Cukup di Kecamatan

Hal itu terlihat ketika Ketua Himpunan Pengusaha Korea, Kim Woo Jae, saat menyerahkan bantuan bagi korban gempa bumi di Sumatera Barat melalui Kantor Penghubung Pemprov Sumbar jalan Matraman Raya No
22, Jakarta Timur, Selasa (13/10).

"Kami menyadari, bantuan ini jauh dari yang dibutuhkan

BACA JUGA: Sehari Listrik Hanya Nyala 2 Jam

Tapi kami ikut berduka atas musibah yang menimpa saudara-saudara kami di Sumatera Barat, terimalah bantuan ini dan semoga bisa agak sedikit meringankan beban saudara-sauadara kami di Sumatera Barat
Duka masyarakat Minang adalah duka kami

BACA JUGA: Panitia Tak Cantumkan Harga Acuan

Tangis Indonesia adalah tangis kami," ujar Kim Woo Jae yang di dampingi 9 pengusaha Korea yang tergabung dalam Overseas Korean Traders Association of Indonesia and South east Asia.

Kim juga mengharapkan bahwa masyarakat Sumbar bisa cepat pulih seperti sediakala"Mari kita baru Sumatera Barat dan bangsa ini ke depanTidak baik kita terlalu sedih berlama-lamaTanah air ibu pertiwi menunggu kita," ajak Kim Woo Jae.

Selain dana yang dikumpulkan dari para pengusaha Korea, kata Kim Woo Jae, sumbangan yang diserahkannya ini juga berasal dari pemuda dan pemudi Korea yang saat ini berdomisili di IndonesiaBahkan ketika Kim dan rombongan hendak berangkat ke Posko Penangggulangan Bencana Gempa ini, Duta Besar Korea untuk Indonesia juga sempat menitipkan salam duka masyarakat Korea untuk Indonesia
Dalam waktu dekat, Duta Besar Korea Selatan bersama pengurus himpunan masyarakat Korea di Indonesia akan datang ke Sumatera Barat untuk mengunjungi masyarakat Indonesia di Sumatera Barat yang tengah ditimpa musibah.

Di tempat yang sama, Kepala Kantor Penghubung Pemprov Sumatera Barat, Nadiar yang juga didampingi oleh Ketua Umum Gebu Minang Asril Tandjung dan Ketua Umum BK3AM DR Zulfahmi Burhan, mengaku terharu atas kepedulian masyarakat Korea di Indonesia atas musibah yang menimpa Sumbar.

"Melalui kami, Gubernur Sumatera Barat, menyampaikan salam hormat dan terima kasih atas kepedulian masyarakat Korea terhadap masyarakat Sumatera BaratSemoga saja bantuan ini dibalas oleh Tuhan Yang Maha Kuasa dan rasa kekeluargaan ini hendaknya terpelihara terus-menerus," ujar Nadiar, menyampaikan pesan Gubernur Sumbar Gamawan Fauzi.

Nadiar menegaskan, dalam konteks kunjungan musibah, maka perhimpuanan masyarakat Korea tercatat sebagai institusi asing pertama yang secara langsung menyampaikan bantuan dukanya ke Kantor Penghubung Pemprov Sumbar di Jakarta"Ini sebuah kejadian yang sebelumnya tidak terpikirkan kami selaku Kepala Kantor," kata Nadiar.

sementara itu, Ketua Umum Gebu Minang, Asril Tandjung mengharapkan suri teladan yang diberikan oleh himpunan masyarakat Korea terhadap masyarakat Sumatera Barat ini dapat menjadi pelajaran bagi kita dan warga negara lainnya yang ada di Jakarta"Saya yakin warga negara asing lainnya dapat memetik hikmah dari kunjungan duka ini," ucapnya.

Hal senada juga di sampaikan oleh Zulfahmi Burhan"Secara institusi (BK3AM) dan pribadi saya merasa berutang budi atas perhatian penuh yang diberikan oleh himpunan masyarakat Korea, termasuk anak-anak mudanya yang juga turut memberikan bantuan dana dan pakaian T-Shirt 5000 helai dan 2000 selimut," kata Zulfahmi Burhan.

Pelaksana Posko Penanggulangan Bencana Gempa Pemprov Sumbar di Jakarta, Yusman Yusbar menambahkan, jumlah bantuan yang diberikan oleh masyarakat Korea di Indonesia adalah sebanyak Rp33.700.000,- dan US$400 serta T-Shirt baru 5000 helai dan 2000 selimutSemuanya adalah produksi industri Garment Korea yang membuka usahanya di Indonesia(fas/JPNN)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Gubernur Mangkir, KPPU Jengkel


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler