Penjelasan Terbaru Asman Abnur soal Rekrutmen CPNS 2018

Rabu, 23 Mei 2018 – 04:31 WIB
Tes CPNS. Ilustrasi Foto: Kendari Pos/JPG/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur mengatakan, jumlah terbanyak formasi CPNS 2018 akan disediakan untuk jabatan-jabatan teknis dan spesialis. Hal ini untuk mendukung pembangunan daerah tertinggal, terluar, dan terdepan.

Karena itu, rekrutmen CPNS akan diprioritaskan untuk tenaga pendidikan dan kesehatan, tenaga pendukung pembangunan infrastruktur, poros maritim, ketahanan energi, serta ketahanan pangan.

BACA JUGA: Desak Cepat jadi CPNS, Pentolan Bidan Desa PTT ke Istana

“Kami memerlukan spesialisasi keahlian, sehingga perencanaan dan usulan ASN baru harus difokuskan pada jabatan-jabatan spesifik sesuai core business instansi, arah pembangunan nasional/daerah, dan sasaran nawacita, sehingga bisa meningkatkan daya saing bangsa di kancah internasional,” ujar Menteri Asman di kantornya, Jakarta Selasa (22/5).

Saat ini jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) 4,3 juta lebih, dengan proporsi terbesar selain guru adalah tenaga pelaksana/administrasi, sebesar 1,6 juta atau sekitar 38%.

BACA JUGA: Pendaftaran CPNS 2018 Juni, Penetapan Formasi Akhir Mei

Untuk mendukung terciptanya birokrasi berkelas dunia tahun 2024, pemerintah menyelenggarakan program strategis yang dimulai dari perencanaan, rekrutmen dan seleksi, pengembangan kompetensi, hingga reformasi kesejahteraan.

Dia juga menyinggung bahwa Indonesia dan dunia tengah menghadapi perubahan cepat di era industri 4.0 yang dicirikan dengan dominannya peran mesin dan otomatisasi, serta terintegrasinya sistem komputasi dan jejaring dalam proses fisik.

BACA JUGA: Formasi Dosen CPNS Bakal Dipangkas

“Oleh karena itu, diperlukan ASN yang profesional, berwawasan global, menguasai teknologi informasi dan bahasa asing, memiliki daya hospitality, entrepreneurship, dan networking, serta tentunya tetap harus memiliki rasa nasionalisme dan berintegritas," tambahnya.

Dalam pelaksanaan rekrutmen dan seleksi CPNS harus berdasarkan 6 prinsip yakni kompetitif, adil, objektif, transparan, bersih dari prartik KKN serta tidak dipungut biaya. (esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... BKD Kumpul, Lembur Susun Usulan Formasi CPNS


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler