Penyakit Gondok Bisa Sebabkan Kemandulan

Kamis, 27 Mei 2010 – 07:46 WIB
MEDAN- Penyakit gondok (hypertiroid) ternyata bisa menyebabkan kemandulan dan gangguan pertumbuhan janin pada ibu hamil

Menurut dr Mardianto SpPD saat menyampaikan makalahnya dalam seminar memperingati Hari Tiroid se-dunia, di RSU dr Pirngadi Medan mengatakan penyakit tiroid dapat membesar disebabkan beberapa faktor, di antaranya disebabkan berlebihnya produksi hormon dan karena kekurangan yodium.

"Ini sering terjadi pada masyarakat walaupun tidak seperti penyakit diabetes mellitus

BACA JUGA: Viagra Dapat Sebabkan Gangguan Pendengaran

Namun komplikasinya bisa kepada yang lain," kata Mardianto SpPD, Selasa (25/5).

Meski belum ada data jumlah penderita penyakit gondok di Indonesia karena sedang dilakukan penelitian, hypertiroid atau terlalu banyaknya hormon-hormon tiroid di dalam tubuh, dapat berdampak kepada jantung
Bahkan, kalau terjadi pembesaran terjadi gangguan pada leher dan kalau lebih besar lagi dapat menyebabkan kanker tiroid.

Dirut RSU dr Pirngadi Medan, dr Dewi Fauziah Syahnan SpTHT mengatakan, adapun kegiatan ini diadakan sebagai pemahaman terhadap masyarakat awam dan pasien yang mengalami tiroid  agar lebih tanggap dalam menyikapi penyakit tersebut.

"Dalam peringatan ini, kita mengadakan seminar kepada masyarakat awam dan pasien yang mengalami penyakit tiroid, agar lebih tanggap dan sadar mengenai penyakit tiroid," imbuhnya.(mag-21)

BACA JUGA: Nikmati Sushi Serasa di Jepang

BACA JUGA: Lawan Kanker dengan Therapy Yoga

BACA ARTIKEL LAINNYA... Alpukat Bisa Turunkan Kolesterol Jahat


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler