Penyaluran Bantuan PKH Tahap I Ditarget Kelar Bulan Ini

Selasa, 06 Februari 2018 – 21:45 WIB
Rapat penyaluran bantuan sosial non tunai Program Keluarga Harapan (PKH) tahap I. Foto: Istimewa

jpnn.com, JAKARTA - Menjelang penyaluran bantuan sosial non tunai Program Keluarga Harapan (PKH) tahap I, Kementerian Sosial melaksanakan rapat khusus.

Penyerahan bansos PKH akan dilakukan bersamaan dengan penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

BACA JUGA: 391 Keluarga di Kabupaten Asmat Terima PKH

"Ini menjadi tanggung jawab kami semua, tanggung jawab untuk menyukseskan penyaluran bansos ini adalah tanggung jawab seluruh satuan kerja di lingkungan Kementerian Sosial dan seluruh stakeholder terkait,” ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial Hartono Laras ketika memberikan arahan pada rapat tersebut.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Harry Hikmat mengatakan, penyaluran bansos PKH tahun 2018 mulai disalurkan bulan Februari.

BACA JUGA: Ini Cara Kemensos Atasi Stunting Penduduk Miskin

"Tahapan penyaluran PKH memasuki tahap 1 akan dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan yaitu Bulan Februari,” papar Harry.

Penyaluran bantuan sosial PKH melibatkan berbagai pihak dan stakeholder terkait untuk memastikan bansos tersalurkan tepat sesuai waktu yang telah ditetapkan.

BACA JUGA: Lindu Guncang Lebak, Kemensos Cekatan Kirim Logistik

"Peningkatan kerjasama antara Kementerian Sosial, Pemerintah Daerah dan Bank-Bank Himbara perlu dilakukan untuk memastikan pencairan tepat waktu," lanjut Harry.

Hari menambahkan, pelaksanaan penyaluran PKH tahap I dapat menjadi media bersama untuk melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan PKH.

"Banyak pihak berkepentingan memastikan KPM PKH menerima bantuan sosial sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, sekaligus menjadi media koordinasi dan evaluasi bersama serta mencari solusi dari kendala yang dihadapi," harap Harry.

Seperti diketahui, bansos PKH disalurkan oleh empat bank pemerintah yaitu Bank Mandiri, BNI, BRI dan BTN yang tergabung dalam Himbara.

Kementerian Sosial juga ingin memastikan tersedianya agen bank yang dilengkapi EDC dan tersedianya ATM dimana KPM bisa mengambil bantuan.

"Kami berharap outlet-outlet pencairan bantuan cukup tersedia, sehingga tidak menyulitkan bagi KPM untuk mencairkan bantuannya," pungkas Harry. (mg7/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pak Jokowi Janji Naikkan Dana Bantuan PKH pada 2019


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler