Penyelam Pulau Seribu Temukan Bangkai Pesawat AS

Polisi Belum Tahu Asal Usul Pesawat

Sabtu, 03 Januari 2009 – 02:36 WIB
Foto : Derry/INDO.POS
JAKARTA – Bangkai pesawat buatan Amerika Serikat ditemukan di dasar laut perairan Kepulauan Seribu, JakartaBangkai pesawat buatan 1915 itu diangkat ke daratan oleh lima penyelam Jumat (2/1).

Meski rusak di sana-sini, badan pesawat itu masih sangat mudah dikenali

BACA JUGA: KPU Sinylir Peluang Baru

Bagian-bagian pesawat juga masih relatif lengkap
Termasuk sayap dan tiga rodanya

BACA JUGA: Sanitasi Buruk Rugikan Rp 56 T

Berbagai tulisan tentang identitas pesawat pun masih terbaca jelas.

Dari rodanya, pesawat itu diketahui buatan USA
Juga petunjuk lain dalam bentuk lempengan kuning, bertuliskan Shelded Ignition Manifold Made In USA

BACA JUGA: Bangsa Ini Ada karena Petani dan Guru

Assy No D-31091 Order No N 113Spec No AN-1-27 Clas 03 H Tipe R-1810MFD 9-15-52 by New R Tite Flex Inc.
 
Bangkai pesawat tersebut kali pertama diketahui nelayan setempatJaring nelayan tersangkut benda di dasar laut dekat Pulau TalaNelayan itu lantas memberi tahu para penyelam yang biasa mengangkat benda dari dasar lautMereka adalah Arifin, Pardi, Darminto, Dading, dan AndiKelimanya adalah warga Muara Baru, Penjaringan, Jakarta UtaraMaka, bekerjalah lima penyelam itu.

Menurut Arifin, bangkai pesawat itu teronggok di kedalaman 15 sampai 25 meterPihaknya mengangkat dan menariknya ke pantai dengan kapal Hikma’’Saat ditemukan, bangkai kapal itu utuhTapi, saat diangkat, patah,’’ terang Arifin

Para penyelam itu bersemangat mengangkat bangkai pesawat tersebut dengan harapan bisa menjualnyaNamun, keinginan itu tak terwujudSebab, setelah ditarik ke Pelabuhan Sagna Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara, bangkai pesawat tersebut langsung dipasang police line.

’’Tadinya kita mau jual kiloanTapi, sudah di-police line, gimana? Terpaksa kita harus menunggu,’’ ujar ArifinPadahal, lanjutnya, pihaknya sudah mengeluarkan biaya dan berkurban waktu tiga hari untuk melakukan pekerjaan tersebut.

Kasi Bin Gakum Pol Air Polda Metro Jaya AKP Edi Guritno mengatakan, pihaknya masih menyelidiki bangkai pesawat ituPihaknya juga belum tahu pesawat tersebut dari mana? ’’Pemeriksaan sementara, tidak ada mayat yang ditemukan di dalam pesawat itu,’’ ujarnya(dai/jpnn/nw)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bersiap Sambut Tahun Kerbau


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler