Peradi Dukung Upaya Perbaikan Sistem Peradilan

Rabu, 01 Februari 2023 – 19:48 WIB
Ketua Umum DPN Peradi Otto Hasibuan saat menghadiri pengambilan sumpah advokat baru di Pengadilan Tinggi Jakarta. Dok Humas Peradi,

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum DPN Peradi Otto Hasibuan memberikan wejangan kepada 700 advokat yang baru disumpah di Pengadilan Tinggi (PT) DKI Jakarta.

Otto meminta kepada para anggota Peradi itu menjunjung tinggi kehormatan dan integritas profesi advokat.‎

BACA JUGA: Peradi Libatkan Sejumlah Pihak Dalam Sosialisasi UU TPKS

“Selain officium nobile, ada satu lagi identitas yang disematkan kepada profesi advokat, yaitu primus interpares. Artinya, ‘pertama di antara yang sederajat’ atau ‘yang pertama di antara yang setara’,” kata Otto dalam siaran persnya, Rabu (1/2).

Dalam kesempatan itu, Otto menyampaikan pihaknya sangat mendukung Mahkamah Agung (MA) untuk melakukan berbagai upaya perbaikan sistem peradilan. Peradi juga terus melakukan sosialiasi.

BACA JUGA: Pesan Khusus Otto Hasibuan kepada 730 Advokat Peradi yang Baru Dilantik

“Mudah-mudahan sistem peradilan yang bersih dan jujur itu bisa tercapai,” kata Otto.

Ketua Bidang Pengangkatan Advokat dan Magang DPN Peradi Ardian Rizaldi, menjelaskan, pengambilan sumpah/janji advokat anyar di PT DKI Jakarta ini diikuti oleh sekitar 700 orang.

BACA JUGA: DPC Peradi Jakbar Minta Peserta PKPA Segera Pahami KUHP Baru

Penyumpahan atau janji advokat tersebut dilakukan secara bertahap, yakni mulai dari 25–31 Januari 2023 diikuti oleh sekitar 700 anggota. ‎

Sebelumnya, Peradi melakukan pengangkatan dan pebekalan terhadap 722 orang advokat pada 17 Januari 2023.

Ardian menyampaikan pengambilan sumpah atau janji advokat ini dilakukan Peradi untuk menjalankan kewajihan dan amanat Undang-Undang (UU) No. 18 Tahun 2003 tentang Advokat.

“Pembekalan advokat oleh Peradi dilakukan pada 722 orang. Dari jumlah tersebut, 20 di antaranya merupakan advokat pindahan dari organisasi advokat lain,” ujarnya.

Pengambilan sumpah profesi para advokat dilakukan langsung oleh Ketua PT DKI Jakarta, H. Soedarmadji dan dihadiri jajaran pengurus DPN Peradi.

Dia mengapresiasi Peradi mengajukan penyumpahan advokat yang sangat banyak.

“Dengan begitu, tingkat kesadaran dan penegakan hukum sesuai dengan profesi masing-masing akan lebih mantap lagi,” katanya.

Menurut ‎Soedarmadji, ini sesuai dengan harapan MA dalam membangun integritas searah.

“Sehingga masalah integritas kerja senantiasa meningkat, di antaranya kerja ikhlas, cerdas, dan tuntas,” ujar dia. (cuy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Peradi Berikan Bantuan Hukum Secara Gratis Untuk Warga Kurang Mampu


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler