Perampok Baku Tembak dengan Polisi di Musi Rawas

Rabu, 01 November 2017 – 22:49 WIB
Pistol. Ilustrasi: YouTube

jpnn.com, MUSI RAWAS - Dua spesialis curas di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) asal Musi Rawas (Mura) baku tembak dengan polisi, Selasa (31/10), pukul 05.30 WIB.

Aksi tembak-tembakan itu terjadi ketika kedua pelaku bernama Safarudin (38) dan Beni (45) tepergok sedang melakukan perampokan di sebuah rumah warga Dusun Kertayaa, Desa Ciptodadi.

BACA JUGA: Tangkap Pencuri di Rumahnya, Aiptu Joni Malah Kena Bacok

Tapi anggota bersama warga terus melakukan pengejaran ke dalam hutan. Sebenarnya, perampokan itu dilakukan lima pelaku. Selain Safarudin dan Beni, juga Fa, warga Muara Kelingi; Pen (23), warga BTS Ulu Cecar; dan So (20), warga Kecamatan Sukakarya.

Rumah yang dirampok kawanan ini milik Soleh, 38, warga setempat. Apes, saat mencongkel pintu belakang rumah korban dengan linggis, pemilik rumah memergoki mereka. Spontan, para perampok ini menodong korban pakai pistol.

BACA JUGA: Mahasiswa Nyatakan Sikap Jaga Sumsel Tetap Zero Conflict

Korban tidak berdaya dengan intimidasi itu. Dia tak kuasa saat para pelaku merangsek masuk ke dalam rumah dan menjarah sejumlah barang berharga. Di antaranya, handphone, perhiasan, peralatan elektronik tidak luput menjadi sasaran.

"Aku ditodong pistol, pelaku orang lima. Satu yang mengancam, empat masuk rumah," jelas korban kepada penyidik.

BACA JUGA: Pasutri Bawa Anak 5 Tahun Merampok, Nyaris Diamuk Massa

Aksi perampokan itu berlangsung cepat. Usai menjarah barang korban, kelima perampok ini melarikan diri dengan jalan yang sama saat mereka datang. Korban pun berteriak minta tolong. Warga lalu berusaha mengejar para pelaku bersama warga yang merespons teriakannya.

"Waktu dikejar, ada pelaku yang menembak ke arah warga. Mereka lalu melarikan diri ke dalam hutan," cerita korban. Seorang warga menghubungi Polsek Muara Kelingi, untuk meminta bantuan.

Selang sekitar 20 menit kejadian, sejumlah personel dari Polsek Muara Kelingi dan Polres Mura tiba di lokasi. Petugas dan warga bersama-sama melakukan penyisiran ke dalam hutan. Seorang tersangka memberikan perlawanan dengan menembak ke arah petugas.

“Mereka lari meski sudah diperingatkan oleh anggota,” ungkap Kapolres Mura, AKBP Pambudi.

"Waktu sudah terpojok, mereka melawan dan menembaki petugas. Terpaksa anggota melepaskan tembakan terarah. Dua tertangkap, tiga kabur," bebernya.

Kedua perampok yang keok dibawa ke Polsek Kelingi. Dari mereka disita sepucuk senpi rakitan, dua selongsong kaliber 5,56 mm dan sebutir amunisi kaliber 5,56 mm. Sementara itu, Kasat Reskrim Mura AKP Wahyu menuturkan, kedua tersangka dan komplotannya memang sudah lama menjadi target operasi (TO).

Setidaknya ada enam laporan polisi (LP) yang diduga melibatkan komplotan ini.

"Mereka ini sering beraksi di Jalinsum. Saat ini kami masih melakukan pengejaran bersama warga di lokasi untuk mencari tiga pelaku lain yang belum tertangkap,” tandas Pambudi. (cj13/ce2)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bantu Pelarian Penculik Nadya, Abang Dirli Diciduk Polisi


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
perampokan   Sumsel   Jalinsum  

Terpopuler