Perampok Bersenjata Laras Panjang Bawa Kabur Uang Satu Karung, Miliaran!

Selasa, 20 Juni 2017 – 00:57 WIB
Perampok bersenjata. Ilustrasi: Jawa Pos Radar Solo

jpnn.com, SANGATTA - Kantor PT Multy Pasific Indonesia (MPI) di Desa Muara Bulan Kecamatan Karangan Kabupaten Kutai Timur, digasak perampok, Jumat (16/6) lalu. Uang Rp 1,1 miliar dibawa kabur kawanan perampok.

Sebelum melakukan aksi, pelaku melumpuhkan tiga karyawan yang tengah menghitung uang yang diperuntukan untuk menggaji karyawan perusahaan yang bergerak dibidang perkebunan tersebut.

BACA JUGA: Pelaku Perampokan Davidson Tantono Pemain Lama dan Sudah Puluhan Kali Beraksi

Para karyawan pun tidak berkutik, mengingat pelaku menodongkan senjata api laras panjang, sembari mengancam akan menembak jika tidak menuruti perintahnya.

Informasi yang dihimpun Bontang Post (Jawa Pos Group), kejadian berawal saat Kepala Tata Usaha (KTU) PT MPI tiba dari Sangatta sekira pukul 02.00 Wita dengan dikawal dua anggota Brimop Polda Kaltim untuk mengambil uang gaji karyawan.

BACA JUGA: Empat Perampok Sadis Ini Akhirnya Berhasil Diciduk Polisi

Setibanya di kantor, dua anggota polisi yang bertugas mengawal langsung kembali ke pos PT Gunta Samba di Ampanas Desa Pengadan.

Sementara uang tersebut langsung dibawa ke rumah KTU PT MPI. Sekira pukul 07.00 Wita uang tersebut selanjutnya dibawa kembali ke kantor untuk membayar gaji karyawan.

BACA JUGA: Satu Pelaku Perampokan di Daan Mogot Ditangkap di Lampung

Kemudian, sekira pukul 11.25 Wita, dua laki-laki menggunakan masker hitam dan bertopi yang menyandang senpi laras panjang langsung masuk ke kantor besar PT MPI.

Setelah masuk, salah satu pelaku langsung masuk keruangan Koordinator Estate Manager (Korem) PT MPI. Sedangkan pelaku lainnya berjaga di luar ruangan sembari menodongkan senpi kearah karyawan.

Sementara di dalam ruangan, tiga karyawan yakni Sa (28), R0 (25), Ba (25) tengah menghitung uang gaji karyawan.

Pelaku yang berada di dalam ruangan tersebut langsung melempar tas ransel warna hitam kearah saksi sembari menodongkan senpi laras pendek dengan tangan kiri.

Sementara, tangan kanannya kembali mengambil senpi laras pendek rakitan lainnya yang kemdian ditodongkan ke arah Ro. Pelaku pun mengancam agar korban jangan macam-macam.

Sebab jika tidak pelaku akan membunuhnya. Kemudian pelaku pun menyuruh korban untuk memasukan semua uang kedalam ransel dan karung beras yang sudah disiapkan.

Berselang 10 menit, pelaku kemudian langsung mengambil ransel dan karung yang sudah terisiri penuh dengan uang. Pelaku pun langsung melarikan diri menggunakan sepeda motor ke arah luar kebun.

Sejumlah karyawan yang sempat menyaksikan kejadian tersebut, sempat berusaha membuntuti pelaku.

Bahkan pelaku sempat berpapasan dengan Ru Security PT MPI. Pelaku pun langsung mengeluarkan tembakan sekali keatas yang membuat saksi langsung berhenti dan tiarap.

Sementara, sejumlah karyawan terus membuntuti pelaku dari arah belakang. Sesampainya di sekitar kawasan Menara Api yang berjarak 3 kilometer dari Tempat Kejadian Perkara (TKP), pelaku langsung meninggalkan sepeda motor yang digunakannya dan masuk ke dalam hutan.

Namun, karena para pelaku menggunakan senpi, para karyawan pun mengurungkan niat untuk ikut masuk ke dalam hutan untuk mengejar.

Kapolres Kutim AKBP Rino Eko dihubungi melalui Whats Aps membenarkan adanya kejadian perampokan tersebut. Hingga, Senin (20/6) kemarin, tim opsnal Satreskrim masih berada di TKP untuk penyelidikan.

"Laporan kami terima sekitar pukul 11.45 dari Polsubsektor Karangan. Kemudian, anggota langsung dikerahkan untuk mengumpulkan keterangan saksi. Motor yang ditinggalkan pelaku juga sudah diamankan. Tapi kondisinya hangus terbakar. Sekarang pelaku masih dalam pengejaran. Doakan saja agar kasus ini bisa segera terungkap," kata Rino. (aj)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pakai Seragam TNI Lengkap Plus Senpi, 6 Pemuda Ini Rampok Pengendara


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler