Perampok Hamburkan Rp21 Juta di depan Mal Agar Bisa Kabur

Jumat, 23 Juni 2017 – 15:06 WIB
Nurdianyah, salah satu pelaku perampokan yang berhasil ditangkap massa saat beraksi di Palembang, Sumsel, Kamis (21/6) . Foto: sumeks/jpg

jpnn.com, PALEMBANG - Dua perampok terpaksa menghamburkan uanghasil jarahannya di jalan agar bisa lolos dari kejaran massa.

Kejadian itu terjadi di Jl R Soekamto persis depan PTC Mall, Kamis (21/6) pukul 13.30 WIB.

BACA JUGA: Golkar Tetap Ingin Berkoalisi Meski Bisa Usung Calon Sendiri

Apes, salah seorang dari pelaku tetap berhasil tertangkap. Tersangkanya, Nurdiansyah, 25, warga Kayuagung, OKI. Sedangkan temannya berhasil kabur.

Sedang puluhan pengguna jalan rela berhenti dan turun dari kendaraan demi berebut uang pecahan Rp5.000, Rp10.000, Rp20.000, dan Rp50.000 yang bertebaran di jalan.

BACA JUGA: H-3 Idulfitri, Harga Ikan Gabus Giling Capai Rp85 Ribu Perkilogram

Tak pelak, jalanan tersebut jadi macet. Ceritanya, siang itu pemilik uang, Syahbandi (44), warga Jl Aligatmir, Kelurahan 11 Ilir dalam perjalanan pulang bersama anaknya Anca (11). Mereka usai menukar uang sejumlah Rp30 juta di sebuah bank di kawasan Sekip.

Ketika melintas di Jl Angkatan 66, korban mendengar ban kiri mobilnya berdesis mengeluarkan angin. Lalu, anak korban mendengar ada pengendara sepeda motor memberi tahu kalau ban mobil kempes.

BACA JUGA: Pencopet Lama Disikat, Eh, Muncul Pelaku Baru dengan Sebutan Teletubbies

Korban lalu mengarahkan mobilnya masuk ke areal parkiran kompleks PTC Mall. Di sana, korban turun mengecek ban mobil yang kempes. Sedangkan uang Rp30 juta yang terbungkus dalam sebuah kantong plastik ditaruh di bawah jok kursi depan. Korban dan anaknya kemudian mengganti ban yang bocor.

Kesempatan itu dimanfaatkan kedua pelaku untuk beraksi. Diduga, mereka sudah mengintai korban dari bank sehingga tahu korban sedang membawa uang.

Salah seorang pelaku mengendap diam-diam mendekati pintu depan mobil dan mengambil uang yang ada di bawa jok kursi.

Belum sempat kabur, anak korban memergoki aksi pelaku. Dia langsung berteriak maling. Pelaku yang mencuri uang itu langsung lari menuju temannya di atas sepeda motor yang sudah menyala mesinnya.

Sejumlah warga yang mendengar teriakan tersebut, mencoba mengejar. Kedua pelaku tancap gas. Namun, kondisi jalan yang padat membuat kedua pelaku panik.

Akhirnya, tersangka Nurdiansyah menghambur-hamburkan uang tersebut untuk menghindari kejaran massa.

Apesnya, dia malah tertangkap massa. Kaki kanannya pun mendapat “hadiah” sebutir timah panas dari aparat kepolisian yang melakukan pengamaman di Pos Pam PTC Mall.

Uang sisa berjumlah Rp9 juta, juga berhasil diamankan, sedangkan teman tersangka lolos dari pengejaran.

“Jadi, uang yang dihamburkan pelaku di jalanan sekitar Rp21 juta,” ujarnya kepada Sumatera Ekspres (Jawa Pos Group) hari ini.

Menurut salah seorang saksi, Rahman, 35, kedua pelaku terlihat panik karena dikejar banyak orang. “Sepeda motor mereka ngebut. Saya dengar ada yang teriak rampok…rampok…,” katanya.

Kapolsek Ilir Timur II Kompol Hadiwijaya menjelaskan, tersangka bersama temannya sudah membuntuti korban sejak dari bank. Saat korban masuk bank, pelaku menggembosi ban sebelah kiri mobil korban. “Saat korban mengganti ban itulah, pelaku mengambil uang dalam mobil,” katanya.

Tersangka yang tertangkap kini dalam pemeriksaan. “Pelaku yang satunya dalam pengejaran. Kasus ini masih kami kembangkan karena kemungkinan ada komplotannya,” tukas Kapolsek Kompol Hadiwijaya. (vis/ce2)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ketagihan Judi Online, Pemuda Ini Nekat Gelapkan Motor Teman


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler