Peringati Satu Dekade, NasDem Gelar Aksi Peduli Lingkungan di Seluruh Indonesia

Senin, 08 November 2021 – 23:56 WIB
Kegiatan aksi peduli lingkungan kader NasDem. Foto: dok NasDem

jpnn.com, JAKARTA - Partai NasDem di usianya yang ke-10 mencoba mengingatkan masyarakat betapa pentingnya menjaga kelestarian lingkungan.

Terutama, harus diakui membangkitkan kesadaran bersama akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan bukan perkara mudah.

BACA JUGA: NasDem Ajak Bisik-Bisik, Golkar Merespons Begini

Perlu upaya serius dan berkelanjutan agar tumbuh rasa peduli terhadap lingkungan di hati masyarakat.

Oleh karena itu, secara serentak, kader NasDem di berbagai daerah bergerak untuk membangkitkan kesadaran tersebut.

BACA JUGA: Politikus NasDem Ini Curiga Mas Giring Tengah Mengampanyekan Anies Baswedan

Ketua Bidang Lingkungan Hidup DPP Partai NasDem, Lusyani Suwandi mengatakan aksi peduli lingkungan ini merupakan salah satu upaya melengkapi rasa syukur atas satu dekade hadirnya Partai NasDem pada 11 November 2021 mendatang.

Menurutnya, selain menciptakan semarak di hari ulang tahun NasDem ke-10, gerakan tersebut juga sekaligus membangun kesadaran bersama agar segenap komponen masyarakat bisa lebih peduli pada keberlangsungan lingkungan hidup.

BACA JUGA: Soal Prediksi Golkar-NasDem Jadi Rival di 2024, PDIP Merespons Begini

Wanita yang akrab disapa Lusy ini mencontohkan, masalah sampah masih menjadi salah satu masalah yang belum bisa diatasi di banyak daerah.

Kondisi itu lagi-lagi membuktikan masih belum ada kesadaran di sebagian masyarakat untuk menjaga lingkungannya.

“Kami mengajak para kader dan masyarakat untuk merayakan 10 tahun ulang tahun NasDem dengan berbuat sesuatu. Bisa dengan membersihkan lingkungan, membersihkan pantai karena kalau pantai itu bersih maka jiwa dan hati kita pun bersih,” kata Lusy dalam keterangannya, Senin (8/11).

Politikus kelahiran Pangkal Pinang, 22 November 1970 itu mengaku sangat senang melihat antusiasme kader NasDem di berbagai daerah di Indonesia.

Banyak kader yang rela berjalan puluhan kilometer untuk memungut sampah di sepanjang pantai dan rela berlumuran lumpur agar bisa menanam bibit mangrove demi mengurangi risiko abrasi.

“Kami sangat mengapresiasi kader NasDem di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota yang terus bergerak merayakan satu dekade Partai NasDem di Jalan Restorasi. Kami yakin upaya pelestarian lingkungan ini pasti bisa dikerjakan oleh semua kalangan dan bisa menjadi gerakan,” sambungnya.

Lusy mencontohkan, gerakan yang dibuat komunitas Sahabat Lestari binaan anggota Majelis Tinggi Partai NasDem yang juga Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat, yang rela menyusuri Sungai Tuntang di pusat Kabupaten Demak demi menjaga kebersihan Kota Wali itu.

Selain itu, NasDem Provinsi Lampung melaksanakan penanaman 1.000 bibit pohon alpukat di Kecamatan Natar, Lampung Selatan. Sementara, DPD NasDem Kabupaten Cilacap juha menggelar aksi bersih-bersih Pantai Cemara Sewu, akhir pekan lalu.

Kader NasDem yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia lainnya juga bergerak dan bahkan berkolaborasi dengan sejumlah komunitas masyarakat guna melakukan upaya pelestarian lingkungan.

Pelibatan komunitas itu dilakukan antara lain oleh kader NasDem Kota Palopo, Sulawesi Selatan. Mereka secara bersama-sama menggelar aksi penanaman ratusan bibit mangrove di Pantai Songka, Wara Selatan.

Lusy melanjutkan, aksi peduli lingkungan yang digagas DPP Partai NasDem itu diikuti oleh pengurus NasDem baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Gerakan tersebut telah berlangsung sejak pekan lalu. "Kader-kader di ratusan daerah sudah bergotong toyong membersihkan lingkungan mulai dari memungut sampah hingga menanam bibit tanaman," ujarnya.

Acara puncak gerakan peduli lingkungan ini, terang Lusy, bakal dilaksanakan pada 19 November 2021 di Kepulauan Seribu, dengan menggelar aksi bersih-bersih pantai, melepas anak penyu dan anak burung elang, serta memberikan bantuan berupa sembako kepada puluhan ribu masyarakat yang membutuhkan.

Dia berharap NasDem dapat menjadi pionir gerakan perubahan di bidang lingkungan hidup.

"Semoga pesan dari kegiatan ini dapat memotivasi masyarakat luas untuk lebih mencintai dan menjaga kelestarian lingkungan,” kata Lusy.(flo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler