Perkuat Kelistrikan Sumbangsel, PLN Bangun PLTG

Kamis, 04 Agustus 2011 – 17:20 WIB

JAKARTA - Sebagai upaya untuk memperkuat sistim kelistrikan di wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel), PT PLN (Persero) akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Borang  yang terletak di Desa Merah Mata, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan dengan kapasitas 1 x 60 Mega Watt (MW).

Pembangunan PLTG Borong itu dimulai dengan pemasangan tiang pancang pertama (Ground Breaking) yang secara simbolis dilakukan oleh Direktur Operasi PLN Indonesia Barat, Harry Jaya Pahlawan, Kamis (4/8)" PLTG Borang dibangun sebagai tindaklanjut dari adanya perjanjian kerjasama sewa beli PLTG antara PLN Pembangkitan Sumbangsel dengan konsorsium PT Wijaya Karya dan PT Navigat Energy," ucap Harry dalam keteranganya.

Skema sewa beli PLTG Borang ini terangnya, akan berlangsung selama 7 (tujuh) tahun, sejak mulai beroperasi secara komersial

BACA JUGA: StandChart Tawarkan Deposito Berjangka

Setelah kontrak perjanjian itu berakhir, maka kepemilikan dan pengelolaan PLTG Borang akan diserahkan kepada PLN.

" Diperkirakan masa konstruksi pembangkit ini akan memakan waktu sekitar 6 bulan, meliputi tahapan  Engineering,  Procurement dan Construction (EPC)
Diharapkan pada akhir  tahun 2011 ini, PLTG Borang sudah bisa beroperasi penuh," ungkapnya.

Selain PLTG Borang sebut Harry pula, di lingkungan  PLN Pembangkitan Sumbagsel terdapat beberapa proyek pembangkit listrik tenaga gas yang dikembangkan dengan skema sewa beli, diantaranya PLTG Payoselincah dengan kapasitas 100 MW di Jambi dan PLTG Talang Duku 60 MW di Musi Banyuasin

BACA JUGA: Tawarkan Kredit dengan Jaminan Emas

" Dengan demikian, maka total kapasitas dari 3 PLTG yang dikembangkan PLN dengan skema sewa beli tadi mencapai 220 MW," ujarnya.

Dijelaskan Harry, pengoperasian PLTG yang berbahan bakar gas tersebut, di samping  untuk lebih memperkuat sistim kelistrikan di wilayah Sumbagsel juga  mampu menambah kemampuan pasokan daya secara lebih efisien dan mengurangi ketergantungan pada bahan bakar minyak.

"Diperkirakan dengan beroperasinya PLTG, maka PLN dapat mengurangi penggunaan BBM sebesar 117,73 Juta liter per tahun atau setara dengan nilai penghematan sebesar  Rp 918 Milyar/ tahun," tukasnya.

Ditambahkannya, kemampuan pasokan daya di wilayah Sumbagsel juga bakalan semakin membaik pada awal tahun 2012 mendatang seiring bertambahnya pasokan daya sebanyak 114 MW yang berasal dari relokasi PLTG sebesar 14 MW dan PLTU Sebalang 1 sebesar 100 MW yang akan beroperasi.

" Dengan demikian, diperkirakan sampai awal tahun 2012 nanti di wilayah Sumbagsel akan ada tambahan daya sebesar 334 MW sehingga akan lebih siap untuk mengantipasi pertumbuhan kebutuhan tenaga listrik yang terus meningkat," pungkas Harry
(yud/jpnn)

BACA JUGA: Danamon Dapat Pinjaman USD 20 Juta

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hortindo Perjuangkan Kredit Murah


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler