Perlukah Petugas KPPS Divaksin?

Jumat, 26 April 2019 – 22:10 WIB
Suntik Vaksin. ILUSTRASI. FOTO: Laman Health

jpnn.com - Pemilu telah usai. Meski berjalan dengan aman dan kondusif, Pemilu tahun 2019 ini paling banyak memakan korban.

Hingga Kamis (25/4), tercatat sebanyak 255 petugas KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) meninggal dunia dan 1.470 yang jatuh sakit.

BACA JUGA: Taufik Gerindra: Hanya Satu Kata, Arif Budiman Harus Mundur!

Perlukah vaksinasi untuk petugas KPPS?

Dalam kondisi kelelahan kronis seperti yang dialami oleh petugas KPPS, infeksi paling sering menyerang saluran napas dan saluran cerna.

BACA JUGA: Ada Bawaslu, Buat Apa Lagi Bentuk Pansus Pemilu?

Umumnya, infeksi-infeksi tersebut tidak mematikan, namun bisa saja mengancam nyawa jika daya tahan tubuh sangat rendah, ditambah kualitas tidur yang buruk dan asupan gizi yang tidak memadai.

Sebagian kasus infeksi itu dapat dicegah atau dikurangi tingkat keparahannya melalui vaksinasi, di antaranya vaksin untuk radang paru (pneumonia), demam tifoid, dan hepatitis A.

BACA JUGA: Pengamat Bilang Pemilu 2019 Milik NasDem, Lo Kok Bisa?

Tapi, ingat, satu vaksin hanya untuk satu penyakit dan tidak 100 persen mencegah kemunculan penyakit tersebut. Setidaknya, kalau sampai sakit, keluhannya tidak terlalu berat dan lebih cepat pulih.

Memperbaiki gaya hidup jauh lebih penting

Sesungguhnya, bagi para petugas KPPS, hal penting yang sebenarnya perlu dilakukan adalah memperbaiki gaya hidup yang sempat terganggu selama penyelenggaraan Pemilu.

Upayakan agar beban kerja dan kehidupan pribadi kembali seimbang. Perhatikan kualitas dan kecukupan jam tidur, yakni 7–9 jam per hari.

Usahakan juga agar makanan yang dikonsumsi terdiri dari menu yang bergizi seimbang.

Jika memiliki faktor risiko atau riwayat penyakit tertentu, segera kontrol ke dokter yang biasa merawat.

Mungkin saja, parameter-parameter yang selama ini sudah mengalami perbaikan menjadi kembali memburuk dan perlu segera dikoreksi.

Tak kalah penting, yakni mengelola stres. Meski Pemilu secara resmi telah usai, bisa jadi masih ada petugas KPPS yang mengalami stres karena perlu pemungutan suara ulang atau mengalami masalah dalam perhitungan suara.

Untuk itu, ada baiknya mengambil waktu untuk melakukan hobi di sela-sela kesibukan, serta rutin melakukan olahraga ringan selama 30 menit sehari.

Vaksinasi memang bisa menjadi jalan untuk mencegah kondisi sakit yang mungkin dialami petugas KPPS. Akan tetapi, hal tersebut bukanlah satu-satunya solusi.

Akan lebih baik jika para petugas KPPS juga segera mengambil langkah untuk kembali menjalankan gaya hidup sehat yang sempat berubah selama Pemilu berlangsung.(NB/ RVS/klikdokter)

BACA ARTIKEL LAINNYA... KPU Anggap TPF Pemilu Tidak Penting


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler